Cara Pilih Daun Pepaya yang Tidak Terlalu Pahit

Kompas.com - 27/10/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi daun pepaya muda. SHUTTERSTOCK/CHRISTINA SIOWIlustrasi daun pepaya muda.

KOMPAS.com - Daun pepaya terkenal dengan rasanya yang pahit, tetapi ada cara untuk menguranginya.

Chef Aguk Prasetio dari Hotel Santika Cirebon berujar hal yang paling utama terletak pada langkah pemilihan daun pepaya.

Baca juga: Cara Kurangi Rasa Pahit Daun Pepaya, Perhatikan Proses Merebus

Chef Aguk menekanan bahwa menghindari rasa pahit secara umum tergantung pada pemilihan bahannya. Sehingga harus secara teliti dalam memilih daun yang akan dimasak.

Daun yang masih mudah cenderung tidak memiliki rasa pahit ketimbang daun yang tua. Melihat perbedaan antara daun muda dan tua cukup dari warnanya saja.

"Pilih daun pepaya yang tidak memiliki warna hijau pekat, karena itu rasanya lebih pahit. Oleh karena itu pilih daun pepaya yang muda, karena warnanya tidak hijau pekat," jelas Chef Aguk pada Rabu, (21/10/2020).

Jika mau mengambil sendiri daunnya dari pohon, Chef Aguk juga memberi saran untuk tidak mengambil daun bagian bawah, karena itu daun yang tua. Ambil daun dari bagian atas yang warnanya tidak hijau pekat, melainkan hijau muda.

Baca juga: Resep Buntil Daun Pepaya Kuah Kuning, Isi Kelapa Parut dan Ikan Teri

Selain itu Chef Aguk menambahkan, cara merebus juga berguna dalam menetralkan rasa pahit daun pepaya.

Daun pepaya cukup direbus dengan air garam selama setengah jam untuk menetralkan rasa pahitnya.

"Untuk 3-5 ikat daun pepaya direbus selama 30-45 menit dalam air rebusan garam untuk menetralkan rasa pahit dalam daun pepaya," tambah Chef Aguk.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X