Panduan Lengkap Pilih Ikan Tuna yang Segar, Perhatikan Jenisnya!

Kompas.com - 17/10/2020, 19:27 WIB
Ilustrasi potongan filet ikan tuna Shutterstock/meanmachine77Ilustrasi potongan filet ikan tuna


KOMPAS.com – Tuna bisa dibilang salah satu raja lautan. Dagingnya padat, penuh dengan protein dan lemak baik untuk tubuh, serta bisa diolah jadi banyak sajian.

Seperti dilansir dari The Spruce Eats, daging tuna punya warna yang beragam. Mulai dari pink muda hampir putih sampai coklat kemerahan. Semua bergantung pada jenis ikan tuna itu sendiri.

Untuk memilih ikan tuna yang segar, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Baca juga: Resep Sarapan Kreatif Crepes Isi Tuna, Cobain Yuk!

Jangan pilih yang bernoda

Hindari untuk memilih ikan yang punya noda atau titik-titik berwarna coklat. Biasanya bagian ikan tuna yang akan dijadikan steak tuna memiliki area yang sedikit berwarna coklat tua.

Bagian itu bisa dimakan, hanya saja rasanya lebih kuat. Perhatikan jika ada area lain yang juga berwarna coklat atau area yang kering. Jangan pilih ikan seperti itu.

Harus beraroma lautan

Ikan segar harus memiliki aroma segar khas lautan. Ikan tuna segar juga akan mengeluarkan bau amis. Namun bau amis ikan yang segar pasti berbeda dengan yang sudah dalam kondisi tidak bagus. Jangan pilih yang sudah berbau amis seperti ikan busuk.

Ilustrasi daging tuna bluefinShutterstock/Shebeko Ilustrasi daging tuna bluefin

Jangan pilih yang punya kemilau pelangi

Selanjutnya kamu juga bisa memerhatikan bagian tubuh dari ikan tersebut. Jika terlihat ada kemilau yang memunculkan warna seperti pelangi alias warna-warni, sebaiknya jangan pilih ikan tersebut.

Ikan tuna jenis apa yang cocok?

Melansir dari The Spruce Eats, ada sekitar 15 spesies tuna, dengan lebih banyak lagi subspesies. Namun ada empat jenis yang paling umum bisa kamu temukan dan biasa diolah jadi makanan.

Masing-masing punya karakteristik daging mulai dari tekstur hingga rasa yang berbeda. Memilih jenis tuna yang tepat akan memengaruhi hasil akhir masakanmu.

1. Tuna Albacore

Tuna jenis ini sangat umum ditemukan. Dagingnya sangat ringan dan rasanya pun tidak terlalu kuat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X