Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Street Food Murah di Malioboro, Harga Mulai dari Rp 3.000

Kompas.com - 02/09/2020, 21:09 WIB
Theresia Amadea ,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berjalan-jalan di Malioboro merupakan salah satu hal yang harus dilakukan saat berwisata ke Yogyakarta.

Baca juga: 10 Street Food Yogyakarta yang Viral, Wisata Kuliner Murah Meriah

 

Tempat yang kental dengan suasana hangat Yogyakarta dan menyuguhkan beragam atraksi menarik seperti tempat belanja, musik jalanan, sampai dengan kuliner.

Sempatkan untuk menjajal street food di Malioboro untuk mengganjal perut sambil jalan-jalan. Berikut 4 tempat street food terkenal di area Jalan Malioboro.

1. Lumpia Samijaya

Lumpia sami jaya yang legendaris di jogjaDok. Instagram @gendut_kulineran Lumpia sami jaya yang legendaris di jogja

Lumpia yang dijual di depan Toko Sami Jaya di Jl. Malioboro No. 18, tepatnya sebelah Hotel Mutiara merupakan salah satu tujuan kuliner di Yogyakarta.

Sudah berjualanan sejak 1976, lumpia ini masih menjadi destinasi bagi para pengunjung Yogyakarta.

Lumpia Samijaya menyajikan lumpia dengan pilihan rasa ayam dan spesial telur puyuh. Harga lumpianya pun tidak bikin kantong kering. Lumpia ayam sekitar Rp 4.000, lumpia spesial Rp5.000-an.

Gorengan yang baru saja matang ini bisa langsung dimakan atau dibungkus. Pengunjung dapat membeli lumpia ini dari jam 08.00-21.00 WIB.

Jika ingin menjajal lumpia ini tapi terlalu ramai bisa mencoba datang ke cabang lainnya di Jl. Mataram No. 44, Suryatmajan. Sekitar 450 meter dari Lumpia Samijaya Malioboro.

2. Es Sekoteng Ketandan

Malioboro bercabang ke beberapa jalan lainnya, salah satunya Jalan Ketandan. Jalan Ketandan identik dengan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta dan di lokasi tersebut dijajakan es sekoteng.

Mencari es sekoteng ini tidak sulit, cari gapura Kampung Ketandan, utara Ramayana jalan lurus terus di kiri jalan ada penjual sate babi, es sekoteng bersebelahan dengan sate tersebut.

Dalam semangkuk es terdiri dari kolang kaling, cincau, agar-agar, dan tape ketan. Jika tidak menyukai tape bisa bilang kepada penjual untuk tidak menyertakan tape dalam es sekoteng.

Untuk menikmati es ini datang saja pada pukul 17.00-20.30 WIB.

3. Es Dawet Mbah Hari

Pasar Beringharjo, salah satu lokasi belanja murah di Malioboro yang juga menyajikan jajanan yang patut dicoba. Salah satu yang cukup terkenal adalah es dawet Mbah Hari.

Es dawet Mbah Hari yang sudah berjualan sejak 1965 ini memiliki rasa orisinal, pengolahannya masih tradisional sehingga menjadi nilai tambah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com