Kompas.com - 10/06/2020, 07:27 WIB

KOMPAS.com - Bila kamu punya persediaan cokelat, biasanya disimpan di mana? Di lemari makan atau kulkas?

Mungkin saja ada yang menyimpan cokelat dalam kulkas. Namun rupanya kulkas bukan lokasi tepat.

Baca juga: 5 Olahan Cokelat yang Praktis Dibuat di Rumah, Tidak Pakai Oven

Menurut Cadbury Australia, cokelat sebaiknya disimpan dalam lemari makan atau pantry, dilansir dari Independent.co.uk.

"Hi Bruno. Cokelat (batangan) sebaiknya selalu disimpan pada tempat yang sejuk, kering, dan gelap seperti lemari makan atau pantry dengan suhu kurang dari 21 derajat celsius untuk memastikan kualitasnya tidak menurun," seperti cuitan pada akun Twitter @CadburyAU.

Ilustrasi dark chocolate. PIXABAY/CONGERDESIGN Ilustrasi dark chocolate.

Kenapa perlu perhatikan suhu saat simpan cokelat?

Sebaiknya, cokelat disimpan pada tempat bersuhu 15-21 derajat celsius. Sementara mengutip berita Kompas.com, kulkas harusnya diatur pada suhu sekitar 4 derajat celsius atau kurang.

Cokelat juga harusnya disimpan pada tempat dengan tingkat kelembapan kurang dari 50 persen untuk menghindari pengembunan (kondensasi), sebab air menyebabkan cokelat rusak, dikutip dari The Spruce Eats.

Pastikan juga cokelat tidak disimpan bersama dengan bahan makanan yang punya bau menyengat. Pasalnya cokelat dapat menyerap semua bau makanan lain, bahkan terkadang rasanya juga.

Ilustrasi cokelat putih. PIXABAY/ENOTOVJ Ilustrasi cokelat putih.

Sementara itu, bila cokelat disimpan pada tempat bersuhu terlalu panas, ia dapat meleleh. Walaupun hal tersebut bukanlah hal yang buruk, karena cokelat akan kembali mengeras saat suhu dingin.

Namun, kalau cokelat terpapar panas dalam jangka waktu panjang dan terus menerus, lemaknya akan naik ke permukaan cokelat dan mengakibatkan chocolate bloom.

Jika kamu melihat cokelat punya permukaan berwarna keputihan, itulah wujud chocolate bloom

Tak masalah makan cokelat yang seperti itu, hanya saja terkadang kualitas rasanya menurun.

Chocolate bloom dapat 'diperbaiki' dengan cara melelehkannya dan mencetaknya kembali, selama tak ada isian dalam cokelat.

Untuk cokelat putih yang mengalami chocolate bloom, akan muncul bau kurang sedap (tengik) yang sangat memengaruhi rasa dan kualitasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.