Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Menyimpan Bumbu Dapur agar Awet, Jauhkan dari Sinar Matahari

KOMPAS.com - Bumbu dapur dalam bentuk bubuk umumnya marak dijajakan baik di pasar tradisional maupun pasar swalayan.

Sebab, bumbu sejenis itu lebih praktis, terlebih jika hanya punya waktu sedikit untuk memasak.

Meskipun biasanya ditempatkan dalam wadah khusus, bumbu tersebut sebaiknya jangan disimpan sembarangan guna menjaga kualitasnya. Simak beberapa tips menyimpan bumbu dapur agar awet berikut ini:

Executive Chef dan Senior Manager perusahaan manufaktur rempah McCormick, Hader Cohen Aviram, menganjurkan untuk menyimpan bumbu dapur di tempat yang jauh dari sinar matahari langsung.

"Simpanlah rempah-rempah jauh dari panas yang ekstrem, lembap, dan sinar matahari langsung," tutur Aviram, dikutip dari All Recipes, Senin (8/4/2024).

Ia melanjutkan bahwa bumbu tidak boleh disimpan di atas kompor, dan tutupnya harus dikencangkan agar kesegarannya terjaga.

Aviram juga berpesan untuk tidak menaburi bumbu langsung dari wadahnya ke dalam panci yang tengah mengepul.

"Karena kelembapan dapat memengaruhi bumbu bubuk dan dapat membuatnya menggumpal. (ini) juga (merupakan) cara terbaik untuk menghindari tumpahan bumbu yang tak disengaja," katanya.

Untuk memudahkan, tempatkan bumbu dapur ke dalam wadah khusus, lalu susun sesuai abjad atau kelompokkan berdasarkan kegunaannya. 

Dikutip dari Food Network, misalnya garam dan lada diletakkan berdekatan karena paling sering dipakai. 

Sementara itu, bumbu yang biasanya dipakai untuk membuat kue, misalnya kayu manis bubuk, pala bubuk, atau cengkeh bubuk, bisa dikelompokkan bersama.

Kelompok bumbu dapur lainnya, antara lain herba kering dan bumbu spesifik untuk suatu masakan.

Kapan sebaiknya membuang bumbu dapur, utamanya dalam bentuk bubuk?

Salah satu cara untuk memastikan kualitasnya adalah dengan mencium aroma bumbu tersebut. Jika sudah tidak seharum dulu, bisa jadi bumbu itu sudah melewati batas pakainya. 

Selain itu, kamu bisa memperhatikan label. Biasanya bumbu dapur bubuk bisa bertahan antara dua sampai tiga tahun, sedangkan bumbu dalam bentuk utuh bisa bertahan hingga empat tahun.

https://www.kompas.com/food/read/2024/04/09/074800775/4-tips-menyimpan-bumbu-dapur-agar-awet-jauhkan-dari-sinar-matahari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke