Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan dalam Menyimpan Kue Kering, Disimpan Saat Masih Panas

KOMPAS.com – Berencana membuat kue kering untuk Hari Raya Idul Fitri nanti? Kamu juga harus mengetahui cara menyimpannya dengan benar. 

Pasalnya, jika tidak berhati-hati saat menyimpannya, kue kering akan berubah melempem sehingga tidak akan senikmat sebelumnya. 

Dilansir dari laman All Recipes dan Taste of Home, Senin (1/4/2024), berikut sejumlah kesalahan dalam menyimpan kue kering:

Saat hendak menyimpan kue kering, sebaiknya jangan terburu-buru. Apalagi bila kue baru matang dan dikeluarkan dari oven. 

Sebab, jika menyimpan kue kering dalam kondisi masih panas ke wadah, panas kue akan terperangkap sehingga menghasilkan kondensasi atau uap air. Hal itulah yang menyebabkan wadah penyimpanan kue jadi lembap dan kue akan lekas basi. 

Sebaiknya dinginkan kue kering sepenuhnya sebelum disimpan ke dalam wadah.

Ketika membeli kue kering dari toko, pastikan bahwa wadah kue kering tersebut memadai dan kedap udara. Jika tidak, sebaiknya pindahkan kue kering tersebut ke wadah baru. 

Hal ini karena biasanya stoples atau wadah kue kering yang disediakan penjual merupakan wadah biasa dan tidak kedap udara.

Maka dari itu, pindahkan kue yang baru dibeli ke wadah kedap udara agar bisa lebih tahan lama dan menghindari risiko kelembapan.

Bila kue kering tidak disimpan di stoples kedap udara, ada kemungkinan udara masuk. Akibatnya, kelembapan pun muncul dan melunakkan kue kering secara perlahan.

Agar kue kering tetap awet, penting untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara yang rapat. Pastikan tidak ada yang menghalangi wadah dan tutupnya, serta periksa kembali apakah segelnya rapat agar udara tidak masuk.

Menyimpan kue yang berbeda dalam wadah yang sama dapat merusak kualitas dan rasa keduanya.

Dengan demikian, penting untuk menyimpan kue kering yang berbeda secara terpisah karena masing-masing memerlukan tempat penyimpanan yang berbeda.

Selain itu, tindakan ini juga dapat mencegah perpaduan rasa yang tidak diinginkan.

Setelah menyimpan kue kering di dalam kantong plastik bersegel, janganlah meninggalkannya begitu saja di atas meja. 

Jika kamu menyimpan kue di dalam kantong zip-top atau beritsleting dan meninggalkanya begitu saja di meja.

Paparan udara luar dan suhu dapur dapat merusak kue kering dengan membuatnya hancur atau terlalu lembek karena kelembapan.

Sebaiknya simpan kue kering di tempat yang lebih aman untuk menjaga kualitasnya.

https://www.kompas.com/food/read/2024/04/02/083500675/5-kesalahan-dalam-menyimpan-kue-kering-disimpan-saat-masih-panas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke