Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Menu Buka Puasa yang Banyak Diminati, Lengkap dengan Resepnya

KOMPAS.com - Ada banyak sekali menu buka puasa yang paling diminati, bisa kamu coba masak di rumah untuk makanan sehari-hari. 

Kompas.com rangkum menu masakan mengenyangkan hingga yang manis di lidah untuk rekomendasi makanan buka puasa.

Menu ini tidak hanya lezat, tetapi juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan setelah seharian berpuasa. Kombinasi dari hidangan berat dan takjil yang membuat pengalaman buka puasa lebih menyenangkan dan bermakna.

1. Resep semur tahu kentang daging

Menu buka puasa yang pertama ini minim minyak goreng, kamu bisa masak dengan isian seperti potongan kentang dan daging. Tambah juga dengan potongan tahu putih agar lebih bervariasi.

2. Resep capcay sayur sederhana

Capcay sayur bisa disiapkan dengan mudah menggunakan bahan sederhana seperti wortel, kembang kol, sawi putih, potongan ayam, bawang merah, bawang putih, dan merica.

Makanan buka puasa sehat yang satu ini terasa enak disantap bersama nasi hangat.

3. Resep es buah 5 bahan

Es buah merupakan salah satu menu buka puasa yang simpel untuk disiapkan. Terdiri dari beragam buah yang kemudian disiram dengan kuah manis dari gula atau sirup.

Kamu juga bisa menggunakan potongan bahan seperti pisang, pepaya, apel, air jeruk nipis, sirup jeruk, dan es batu.

4. Resep tempe mendoan daun jeruk

Tempe mendoan menjadi salah satu menu buka puasa favorit banyak orang. Umumnya, tempe mendoan diiris tipis dan lebar kemudian digoreng dengan tepung. Cocok untuk takjil dengan minuman hangat sebagai pendampingnya.

5. Resep ikan kembung acar kuning

Ikan kembung digoreng dan disajikan dengan kuah acar kuning, yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, jahe, dan bumbu lainnya. Kuah bumbu kuningnya terbuat dari bahan seperti kunyit, ketumbar, kemiri, dan jahe.

6. Resep ayam goreng ungkep

Menu buka puasa kamu hari ini bisa dengan membuat ayam goreng ungkep. Ayam goreng ungkep ini dibuat dari bahan ayam kampung, daun salam, serai, gula merah, lengkuas, air kelapa, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kunyit. Ayam diungkep sampai empuk dan bumbu meresap, lalu goreng sampai matang kekuningan.

7. Resep telur balado praktis 2 langkah

Resep lauk praktis untuk menu buka puasa ini hanya membutuhkan dua langkah memasak. Pastikan telur sudah direbus hingga matang sebelumnya. Telur rebus juga bisa digoreng terlebih dahulu, tetapi pastikan untuk menggorengnya dalam minyak panas agar hasilnya tidak keriput.

8. Resep sop sayur rumahan

Meskipun dimasak tanpa daging ayam, rasa sop tetap lezat dengan penggunaan kaldu yang terbuat dari tulang ayam, wortel, daun bawang, dan seledri. Cara memasak sop ini cukup mudah, umumnya tidak memerlukan banyak minyak goreng.

9. Resep soto ayam ambengan

Soto ayam ambengan khas Surabaya, Jawa Timur, memiliki banyak penggemar bahkan di luar kota asalnya. Salah satu ciri khasnya adalah kuah kaldu bening berwarna kuning yang disajikan dengan tambahan koya, memberikan cita rasa gurih dan segar yang khas.

10. Resep kolak biji salak kenyal

Kolak biji salak adalah salah satu takjil favorit yang sering dijual di pasar Ramadhan. Bahan utamanya adalah biji salak yang terbuat dari berbagai jenis ubi, seperti ubi kuning, merah, maupun ungu.

https://www.kompas.com/food/read/2024/03/14/123900075/10-menu-buka-puasa-yang-banyak-diminati-lengkap-dengan-resepnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke