Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Es Kolang Kaling Kuah Santan, Hidangan Dingin Pelepas Dahaga

KOMPAS.com - Siang hari yang terik, paling pas menyantap hidangan dingin dan segar, misalnya es kolang kaling kuah santan.

Tidak perlu repot, kamu bisa menggunakan manisan kolang kaling untuk isian. Jika ingin isiannya lebih banyak, bisa tambahkan potongan buah bercita rasa manis seperti nangka.

Es kolang kaling lezat disantap dalam keadaan dingin, maka dari itu simpan isian kolang kaling dan kuah santan secara terpisah dengan es batu. Kamu bisa menambahkan es saat menyajikannya.

Simak cara membuat es kolang kaling kuah santan selengkapnya dalam buku "Resep Es Campur Paling Gampang" karya Dapur Kirana (2012) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama  berikut.

  • Resep Es Campur Sederhana, Lengkap dengan Sirup Gula dan Kuah Santan 
  • Resep Es Campur Buah, Siap-siap Bahannya untuk Lebaran 

Cara membuat es kolang kaling kuah santan:

1. Campur air, gula pasir, dan daun pandan di dalam panci, lalu masak sembari diaduk hingga gula larut dan mengental. Setelah itu angkat dan biarkan dingin.

2. Membuat kuah santan: Masak santan bersama daun pandan, gula pasir, dan garam sembari diaduk hingga mendidih, lalu angkat dan biarkan dingin. Tambahkan kental manis dan aduk kembali hingga rata.

3. Siapkan gelas saji lalu masukkan kolang kaling, irisan nangka, dan es batu, kemudian siram dengan kuah santan. Sajikan kolang kaling kuah santan dalam keadaan dingin.

Buku "Resep Es Campur Paling Gampang" karya Dapur Kirana (2012) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara daring di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2024/03/10/101000575/resep-es-kolang-kaling-kuah-santan-hidangan-dingin-pelepas-dahaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke