Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menyantap Menu Buka Puasa di Novotel Tangerang, Bagaimana Rasanya?

TANGERANG, KOMPAS.com - Furnitur berwarna hijau, coklat, dan krem terlihat ketika saya memasuki The Square, restoran yang terletak di lantai PL Hotel Novotel Tangerang di Kota Tangerang, Banten. 

Jika berjalan lurus, saya bisa melihat area rerumputan dan pemandangan langit Kota Tangerang dari ketinggian yang dibatasi kaca tembus pandang.

Pengunjung bisa bersantap menu buka puasa baik di dalam restoran maupun di teras outdoor (luar ruangan), berbatasan dengan area rerumputan tersebut.

Terdapat beragam menu buka puasa yang ditawarkan hotel bintang empat ini, mulai dari makanan khas Timur Tengah, Jepang, hingga Indonesia. Dari selada hingga makanan penutup.

Sore itu, Senin (4/3/2024), saya mengawali santapan dengan menu Beef Brisket. Dagingnya lembut, lapisan lemaknya meleleh di mulut sehingga tak perlu mengerahkan tenaga untuk mengunyahnya.

Kemudian saya beralih ke Chicken Shawarma, salah satu menu yang direkomendasikan. Irisan daging ayam yang sudah dibumbui dimasukkan ke dalam pita bread, dialasi mayones dan salad yang terdiri dari daun selada, tomat, dan paprika. 

Ketiganya menghasilkan perpaduan yang mengenyangkan, sekaligus menyegarkan. Daging ayamnya memang terasa agak kering, tapi bisa diimbangi dengan salad yang renyah, asam, dan agak pedas.

Ada pula Qatayef, hidangan penutup khas Mesir berupa panekuk berisi kacang yang dilipat. Kulitnya tebal, dengan isian yang tidak terlalu manis.

Jika ingin nyemil, bisa memilih Falafel dan Samosa yang sama-sama renyah di luar, cocok disantap sembari dicocol ke saus.

Salah satu yang menarik perhatian saya dari rangkaian menu yang ditawarkan adalah pilihan dessert atau hidangan penutup.

Pengunjung bisa memilih mulai dari cake, jajanan pasar, tart, puding, aneka kolak, sampai es campur. 

Pilihan pertama saya jatuh ke Umm Ali, makanan penutup khas Mesir yang hari itu disajikan dalam mangkuk mini. Makanan ini memiliki tekstur lembut dan sedikit renyah berkat adanya badam. 

Kemudian ada juga asabea zainab, salah satu makanan penutup khas Timur Tengah yang digoreng dan dilapisi gula. Ukurannya kecil sehingga bisa langsung dilahap.

Begitu menggigit asabea zainab, manisnya gula yang sudah terserap ke dalam adonan seolah menyembur keluar. 

Bila haus, hotel ini menawarkan dua moktail yang bisa dicoba yakni Great Palm Date dan Qamar Al-Din. 

Great Palm Date memiliki tekstur creamy lantaran terdiri dari campuran susu, kurma, dan sirup hazelnut. Manisnya kurma ternyata cocok bila dipadukan dengan hazelnut.

Sementara itu, menurut saya Qamar Al-Din cocok untuk diminum setelah menyantap hidangan daging yang berbumbu. Moktail ini berbahan dasar buah persik dan jus jeruk sehingga terasa asam dan manis, dengan sentuhan menyegarkan dari daun mint. 

Harga menyantap menu buka puasa di hotel ini mulai Rp 388.000 per orang, tapi ada potongan harga menjadi Rp 300.000 per orang bila melakukan pemesanan dan pembayaran hingga Rabu (13/3/2024). 

https://www.kompas.com/food/read/2024/03/09/183800875/menyantap-menu-buka-puasa-di-novotel-tangerang-bagaimana-rasanya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke