Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Resep Olahan Dark Chocolate, Tidak Hanya Jadi Brownies

KOMPAS.com - Dark chocolate atau cokelat hitam bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai makanan penutup. 

Biasanya, jika untuk diolah lagi, jenis yang digunakan adalah dark chocolate compound dan dark chocolate couverture. 

Adapun cokelat hitam tidak hanya bisa diolah menjadi brownies, tapi juga olahan lainnya. Simak selengkapnya:

Meskipun masih tergolong brownies, tapi brownies cheesecake menawarkan perpaduan rasa manis dan gurih.

Bahan-bahannya adalah cokelat hitam, mentega, telur, gula, garam, tepung, dan baking powder. Sementara itu, bahan untuk cheesecake-nya adalah krim keju dan kuning telur.

Setelah melelehkan cokelat dengan mentega, campur dengan telur, gula, garam, tepung, dan baking powder. Campur juga bahan-bahan cheesecake di wadah terpisah.

Tuang isian brownies ke dalam cake ring, tambahkan isian cheesecake ke piping bag nozzle star. Panggang, lalu sajikan saat sudah dingin.

Gabin tape cokelat tergolong mudah dibuat karena terdiri dari biskuit gabin, tape singkong, gula pasir, kental manis, tepung terigu, dan dark cooking chocolate. 

Campur tape singkong, gula, kental manis, terigu, dan cokelat. Kemudian ambil satu buah gabin, tambahkan adonan tape cokelat tersebut.

Tutup dengan satu buah gabin lagi, lalu goreng sampai kecoklatan.

Cokelat ganache digunakan untuk mengisi pastry atau menghiasi permukaan kue.

Bahan-bahan utamanya hanya dark chocolate yang sudah dicincang kasar, whipping cream atau heavy cream, dan gula kastor atau gula bubuk.

Pertama-tama, aduk whipping cream dan gula di panci, panaskan hingga gula meleleh dan rebus hingga mendidih. Angkat dari kompor, lalu tuang ke dark chocolate di wadah terpisah. Aduk menggunakan balloon whisk. 

Kudapan chocolate bark bisa jadi camilan praktis, dikutip dari Food Network. Bahan-bahannya adalah hazelnut panggang yang dicincang, dark chocolate, ekstrak vanili, bubuk kayu manis, dan sereal. 

Lelehkan cokelat, lalu campur dengan vanili dan bubuk kayu manis. Tambahkan sereal, aduk hingga rata. 

Ratakan campuran tersebut ke atas loyang yang sudah dilapisi baking sheet, taburi hazelnut, kemudian simpan di freezer sampai cokelat mengeras.

Souffle cokelat terbuat dari mentega, tepung terigu, susu cair, dark cooking chocolate (cokelat masak hitam), vanili, kuning telur, putih telur, dan gula pasir. 

Setelah melelehkan mentega, campur dengan tepung terigu, susu cair, cokelat, dan vanili. Kemudian tambahkan kuning telur. 

Di wadah berbeda, kocok putih telur dan gula pasir sampai mengembang. Masukkan adonan ini ke dalam adonan cokelat, kemudian aduk. 

Masukkan adonan ke pinggan tahan panas yang telah diolesi margarin. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 20 menit.

Chocolate flan termasuk hidangan penutup yang praktis karena hanya terdiri dari empat bahan yaitu dark chocolate, mentega tawar, telur, dan gula halus. 

Lelehkan cokelat, lalu masukkan mentega dan biarkan meleleh bersama. 

Di mangkuk lain, campur telur dan gula, aduk dengan mikser hingga tampilannya kuning pucat. Kemudian masukkan campuran cokelat dan mentega, mikser hingga tercampur. 

Tuang adonan ke loyang, kemudian taruh loyang ke dalam nampan oven, lalu tuang air mendidih (bain marie) ke nampan. Panggang selama 1,5 jam dengan suhu 120 derajat celsius. Jika sudah matang, sisihkan hingga bersuhu ruangan, lalu masukkan ke lemari es selama emapt jam.

Dikutip dari The Spruce Eats, chocolate truffle cukup mudah dibuat lantaran tidak perlu dipanggang. Kudapan ini terdiri dari dark chocolate, heavy cream, bubuk espreso instan, garam, sirup jagung, mentega unsalted, bubuk kakao, dan meses. 

Panaskan heavy cream, bubuk espreso, garam, dan sirup jagung. Tuang campuran tersebut ke cokelat, aduk. 

Masukkan butter, kocok hingga rata. Tempelkan cling wrap ke permukaan campuran ganache tersebut, biarkan hingga mencapai suhu ruang, kemudian masukkan ke lemari es hingga dua jam. 

Gunakan sendok atau sendok es krim untuk mengambil sekaligus membentuk campuran ganache tersebut. Bila perlu, gulingkan di bubuk kakao atau taburi dengan meses. 

Cokelat praline biasanya dicampur atau diisi beragam bahan, salah satunya kacang mede. 

Untuk resep ini, kamu bisa menggunakan dark cooking chocolate yang sudah ditim hingga meleleh. Sementara itu, bahan isiannya adalah mentega, gula icing, krim kental manis, dark cooking chocolate, dan kacang mede matang yang dicincang. 

Untuk membuat isi, kocok mentega dan gula icing, lalu masukkan krim kental manis dan dark cooking chocolate. Tambahkan kacang mede. Simpan di dalam kulkas selama tiga jam.

Dinginkan cetakan cokelat di dalam kulkas, tuang lelehan cokelat ke cetakan tersebut. Masukkan lagi ke dalam kulkas, keluarkan jika sudah cukup padat. 

Tuang isi ke cetakan tersebut, masukkan kembali ke kulkas hingga isinya mengeras. Tuang kembali sisa cokelat, kemudian lanjut didinginkan di dalam kulkas.

Dark chocolate pun bisa dibuat selai sebagai bahan olesan roti. Dilansir dari The Kitchn, bahan-bahannya mencakup hazelnut panggang, dark chocolate, bubuk kakao, kental manis, ekstrak vanili, garam, dan whole milk. 

Hancurkan hazelnut panggang di food processor hingga teksturnya mirip selai kacang. 

Di panci, lelehkan cokelat, campurkan dengan kental manis. Masukkan campuran cokelat tersebut ke food processor bersama bubuk kakao, vanili, dan garam. Sesekali masukkan susu hingga teksturnya sesuai selera. 

Masukkan campuran tersebut ke dalam wadah tertutup.

Bila ingin sarapan dengan dark chocolate, kamu bisa membuat pancake (panekuk), dikutip dari The Kitchn.

Siapkan all-purpose flour 9 (tepung serbaguna), kakao bubuk, gula kelapa, baking powder, cabai cayenne, kayu manis bubuk, garam, telur, susu, minyak kelapa, ekstrak vanili, dan dark chocolate chips. 

Campur tepung, kakao, gula, baking powder, cabai cayenne, kayu manis, dan garam ke wadah. Aduk hingga rata. 

Di wadah terpisah, campurkan telur dan susu, aduk hingga tercampur. Tambahkan minyak kelapa dan ekstrak vanili, aduk kembali. 

Tuang adonan basah tersebut dengan adonan kering, lalu aduk hingga adonan berubah kental. Tambahkan dark chocolate chips. 

Tuang adonan panekuk ke wajan, tunggu agar matang kedua sisinya. 

https://www.kompas.com/food/read/2024/02/12/180300075/10-resep-olahan-dark-chocolate-tidak-hanya-jadi-brownies

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke