Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bali Masuk Daftar 10 Spot Terbaik di Dunia untuk Pencinta Kuliner

KOMPAS.com - Denpasar, Bali, masuk daftar 10 besar The Best Foodie Hotspots in the World (lokasi terbaik di dunia untuk pencinta kuliner) versi operator tur asal Inggris, Titan Travel. 

Dalam daftar ini, Denpasar ada di peringkat keenam dengan skor foodie 7,14 poin dari 10 poin. Ada pula keterangan luas kota ini yang sekitar 126 kilometer (km) persegi. 

Adapun skor tersebut merupakan gabungan dari skor beberapa kategori, antara lain restoran ramah anak per km persegi (13,44), opsi restoran makanan vegetarian per km persegi (10,20), dan opsi restoran makanan vegan per km persegi (7,97).

Selanjutnya ada juga restoran fine dining per km persegi (1,25) dan restoran berbintang Michelin per km persegi (0,00). 

Posisi Denpasar berada di atas kota-kota lainnya, di antaranya New York City, Kuala Lumpur, London, dan Las Vegas.

Jika bicara kota mana yang menduduki urutan pertama, jawabannya adalah Paris, Perancis. Skor foodie yang didapat kota tersebut pun hampir sempurna yakni 9,93 poin dari 10 poin. 

"Menempati peringkat pertama dengan skor nyaris sempurna (yakni) 9,93, kota Paris mengungguli kota lainnya untuk restoran fine dining (6,75 per km persegi) dan restoran berbintang Michelin (4,65 per km persegi)," bunyi keterangan dari Titan Travel, dilansir Selasa (5/2/2024).

Tidak hanya itu, kota ini juga memiliki banyak restoran mewah yang bisa dieksplor saat berkunjung.

Salah satunya adalah La Monnaie de Paris yang disebut sebagai restoran terbaik di dunia oleh panduan restoran La Liste. 

Berikut daftar lengkap spot terbaik di dunia untuk pencinta kuliner versi Titan Travel, dilengkapi dengan skor foodie-nya:

Metodologi

Sebagai informasi, daftar ini merupakan bagian dari Food Lovers Index dari operator tur tersebut yang disusun pada Oktober 2023.

Operator tur tersebut mengawalinya dengan menyusun daftar 30 kota yang paling banyak dikunjungi di dunia versi World Atlas. Selanjutnya dicari pula luas total masing-masing kota tersebut.

Kemudian mereka menggunakan situs web perjalanan TripAdvisor untuk menentukan beberapa data, antara lain jumlah restoran ramah anak, restoran makanan vegetarian, restoran opsi makanan vegan, dan restoran fine dining. 

Selain itu, untuk jumlah restoran berbintang Michelin di setiap kota ditentukan dari The Michelin Guide. 

https://www.kompas.com/food/read/2024/02/06/093600975/bali-masuk-daftar-10-spot-terbaik-di-dunia-untuk-pencinta-kuliner

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke