Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Benda Dapur yang Bisa Dibersihkan Pakai Cuka

KOMPAS.com - cuka salah satu bahan pembersih alami yang dapat melarutkan dan mengangkat noda pada peralatan dapur.

Sifat asam cuka dapat membantu mengatasi pertumbuhan jamur dan bakteri, serta membantu mengatasi bau tidak sedap.

Selain Itu, cuka dapat efektif menghilangkan lapisan lemak atau minyak yang menempel pada permukaan dapur.

1. Keran

Cuka salah satu cara efektif untuk membersihkan keran wastafel yang telah mengalami penumpukan kotoran.

Kamu perlu mengisi kantong plastik dengan cuka dan mengikatnya di sekitar keran menggunakan karet gelang.

Lalu biarkan selama 10 hingga 20 menit atau lebih lama jika diperlukan, agar cuka dapat meresap pada bagian keran yang kotor.

Setelah itu, kamu dapat menggunakan sikat berbulu dan sabun cuci piring untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang mungkin masih menempel.

Proses ini membantu memastikan bahwa air yang keluar dari keran tidak lagi kotor seperti sebelumnya.

2. Microwave

Cuka menjadi solusi yang sangat efektif untuk menghilangkan penumpukan lemak di dalam microwave dan mencegah timbulnya bau dari sisa-sisa makanan yang sudah cukup lama.

Kamu dapat menggunakan mangkuk yang aman untuk dimasukkan ke dalam microwave, dengan mencampurkan cuka dan air dalam jumlah yang sama.

Setelah itu, kamu dapat memanaskan microwave sekitar lima menit, untuk menghasilkan uap yang dapat melunakkan kotoran di dalamnya.

Hal ini membuat proses tersebut menjadi lebih mudah untuk digosok atau dibersihkan setelahnya.

3. Mesin pembuat kopi dan teko teh

Seiring berjalannya waktu, mesin pembuat kopi dan teko teh dapat mengalami penumpukan mineral yang dapat mempengaruhi rasa minuman. Proses pembersihan yang tepat dapat dilakukan dengan menggunakan cuka.

Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menuangkan cuka dan air dengan jumlah yang sama ke dalam wadah mesin pembuat kopi. Kemudian hidupkan mesin tersebut dan bilas dengan air secara menyeluruh.

Jika kamu ingin membersihkan bagian dalam teko teh, kamu cukup merebus campuran yang sama di dalamnya, lalu melakukan pembilasan.

Metode ini dapat membantu menjaga kebersihan peralatan dan memastikan bahwa rasa minuman akan tetap segar.

4. Mesin pencuci piring

Sama seperti mesin pembuat kopi, mesin pencuci piring juga dapat mengalami penumpukan endapan mineral.

Endapan mineral ini sering kali berasal dari air yang digunakan dalam proses pencucian dan dapat mengakibatkan berbagai masalah, termasuk penurunan kinerja mesin dan kebersihan piring yang kurang memuaskan.

Jika kamu melihat penumpukan berwarna putih atau abu-abu di bagian dalam mesin pencuci piring atau mengeluarkan bau yang tidak sedap, saatnya kamu menggunakan cuka.

Kamu dapat menuangkan sekitar satu cangkir cuka ke dalam mangkuk yang aman untuk mesin pencuci piring. Kemudian letakkan mangkuk tersebut di rak atas mesin pencuci piring yang kosong.

Menjalankan siklus air panas dengan menggunakan cuka pada mesin pencuci piring dapat membantu mengatasi penumpukan yang sulit dihilangkan, serta melarutkan sisa-sisa makanan yang mungkin menyumbat pada saluran pembuangan.

5. Saluran pembuangan

Saluran pembuangan di dapur yang mengeluarkan bau tidak sedap, akan membuat suasana tidak nyaman serta mengganggu kegiatan di area dapur.

Kamu dapat melepaskan penutup saluran pembuangan, dengan menuangkan cuka dan sabun pencuci piring, lalu alirkan air panas ke dalam saluran pembuangan.

Jika masih terdapat bau tidak sedap, kamu dapat menggunakan beberapa potongan es ke dalamnya. Karena es sangat efektif untuk membersihkan sisa makanan yang sulit dihilangkan.

https://www.kompas.com/food/read/2024/01/14/085619275/5-benda-dapur-yang-bisa-dibersihkan-pakai-cuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke