Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Resep Kue Apem Kukus dan Panggang untuk Suguhan Saat Maulid Nabi

KOMPAS.com - Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momen istimewa bagi umat Islam. Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad menjadi salah satu yang ditunggu.

Tidak heran, di beberapa daerah ada yang memperingatinya dengan berkumpul bersama dan menikmati aneka hidangan lezat. Salah satu menu hidangan yang selalu hadir adalah kue apem.

Kompas.com rangkum sedikitnya ada sepuluh resep apem kukus dan panggang yang bisa kamu coba bikin di rumah.

1. Resep apem terigu panggang

Resep kue apem yang satu ini menggunakan tepung terigu yang dicampur dengan gula, air hangat, ragi, dan santan. Kamu bisa masak dengan tambahan irisan nangka di atasnya.

2. Resep apem jawa

Ada cara membuat apem panggang yang empuk. Kuncinya ada pada penggunaan tepung beras, tape, dan santan kental.

3. Resep apem kukus tepung beras

Apem kukus biasanya dicetak dalam loyang bulat mini. Namun, pada resep yang satu ini, apem dicetak dalam loyang persegi yang biasanya dibuat untuk cake potong.

4. Resep kue apem selong

Kue apem selong memiliki bentuk yang sedikit beda dengan apem pada umumnya. Ada pinggiran tipis seperti renda disekeliling apem.

5. Resep apem pisang terigu

Kue tradisional yang bisa kamu temui di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur ini bisa dibuat dari 7 bahan saja. Gunakan jenis pisang seperti pisang raja yang matang sebagai campurannya.

6. Resep apem dumbo kukus

Apem merupakan jajanan tradisional dari campuran tepung beras, tepung sagu, ragi, dan santan. Tambah dengan saus gula merah sebagai pelengkapnya.

7. Resep apem singkong

Resep apem kukus ini bisa kamu coba buat untuk 25 buah apem lembut. Selain itu, resep kue apem kukus ini bisa jadikan ide jualan karena harga bahannya yang ekonomis.

8. Resep apem selong tape

Ikuti resep apem empuk yang satu ini untuk membuat sekitar 15 buah. Sekilas bentuk dari apem selong mirip dengan serabi notosuman yang memiliki pinggiran tipis berwarna cokelat.

9. Resep apem gula merah

Kue tradisional ini umumnya disajikan saat perayaan kebudayaan seperti Tahun Baru Islam. Walau demikian, kamu pun dapat membuatnya untuk camilan teman minum teh sore hari.

10. Resep apem putih kukus

Selain dipanggang, apem bisa dimasak dengan cara dikukus dengan menggunakan enam bahan saja. Tidak adanya penggunaan gula merah membuat warna dan rasanya tetap enak.

https://www.kompas.com/food/read/2023/09/28/111700075/10-resep-kue-apem-kukus-dan-panggang-untuk-suguhan-saat-maulid-nabi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke