Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Bakso Daging Keju Panggang Teflon, Pakai Saus Tomat

KOMPAS.com - Daging sapi cincang dapat diolah menjadi bola-bola daging alias bakso. Salah satunya dijadikan bakso keju panggang yang terdiri dari daging sapi cincang, keju, bawang, dan bumbu lain.

Bakso keju pun dipanggang di atas teflon, kemudian ditumis bersama saus tomat berbumbu. Keju yang digunakan bisa menyesuaikan persediaan di rumah.

Resep bakso keju panggang dari Taste.com.au dilengkapi dengan cara membuat croutons atau potongan roti panggang.

Cara membuat bakso daging keju panggang

  1. Ambil 60 gram roti, potong pinggirannya yang keras. Cincang halus. Masukkan ke dalam mangkuk, tuang susu.
  2. Parut kasar separuh bawang bombai. Cincang halus sisa bawang bombai dan sisihkan.
  3. Campur bawang bombai halus, daging cincang, feta, pasta tomat, telur, cabai bubuk, dua siung bawang putih, dan dua sendok teh oregano ke dalam adonan roti. Bumbui, lalu aduk rata hingga tercampur. Bentuk adonan menjadi bola-bola.
  4. Panaskan satu sendok makan minyak dalam wajan besar tahan panas dengan api sedang-besar. Masak bakso selama enam menit atau sampai kecoklatan semua sisinya. Pindahkan ke piring.
  5. Panaskan 1 1/2 sendok makan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang bombai cincang selama satu menit. Tambahkan terong. Masak sambil diaduk selama lima menit atau sampai terong lunak.
  6. Tambahkan pure tomat, cuka, dan gula. Kurangi panas menjadi rendah dan biarkan mendidih, tutup wajan, masak selama lima menit. Bumbui dengan garam dan lada.
  7. Tambahkan bakso dan masak selama delapan sampai 10 menit atau hingga bakso matang.
  8. Roti bawang putih: panaskan oven sampai suhu tinggi. Potong sisa roti menjadi berukuran empat sentimeter. Campurkan roti, sisa minyak dan bawang putih dalam mangkuk. Bumbui dengan garam dan lada. Tuang ke dalam loyang.
  9. Panggang selama tiga menit atau sampai berwarna keemasan dan garing. Aduk saat tengah memasak. Angkat.
  10. Letakkan bakso keju ke dalam loyang, beri keju parut dan sisa oregano. Panggang selama dua hingga tiga menit atau sampai keju meleleh. Sajikan bersama roti bawang putih dan selada.

https://www.kompas.com/food/read/2023/08/22/144707375/resep-bakso-daging-keju-panggang-teflon-pakai-saus-tomat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke