Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susu Kental Manis di Sarapan Sederhana yang Nikmat

KOMPAS.com – Susu kental manis dapat menjadi topping menu sarapan pagi yang bermanfaat bagi tubuh. Pasalnya, susu kental manis mengandung energi sebanyak 130 kilokalori (kkal) per sasetnya.

Melansir Ugm.ac.id, Kamis (24/2/2022), Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih menjelaskan, sarapan penting untuk dilakukan karena menjadi sumber energi atau penyedia bahan bakar bagi tubuh untuk beraktivitas saat siang hari.

“Kalau habis tidur delapan jam tidak makan dan minum otomatis kadar glukosa dalam tubuh rendah. Jika tidak mengonsumsi makanan setelah bangun tidur maka akan lemas karena tidak ada bahan bakar yang masuk,” ujarnya.

Selain sumber energi, Mirza mengungkapkan bahwa sarapan juga mampu menjaga suasana hati atau mood. Pasalnya, sarapan menjadi bahan energi yang membuat kondisi otak segar sehingga menjadikan mood bagus.

Nah, agar sarapan menjadi aktivitas menyenangkan, menu yang disediakan pun harus menggugah selera. Salah satu cara mewujudkan itu adalah dengan mengkreasikan menu sarapan dengan topping susu kental manis.

Dilansir dari Cookpad.com, berikut lima sajian sebagai menu sarapan sederhana dengan topping susu kental manis.

Pancake merupakan menu sarapan cukup sederhana yang bisa dibuat kapan saja. Tidak sulit untuk membuat pancake di rumah, Anda bisa mengaplikasikan resep dari Sovi Setiani @sovicook_27 dengan topping susu kental manis.

Bahan-bahan:

(1 porsi)

Sarapan sederhana tak melulu dengan roti tawar yang dioles selai biasa.

Jika Anda bosan dengan sarapan ini, maka tidak ada salahnya mencoba membuat setup roti tawar sederhana topping susu kental manis ala sobat Cookpad, Oktaviani Dwi Nurlaili @oktaviani_101000.

Selain pancake biasa, Anda juga bisa membuat pancake atau panekuk kentang sederhana topping susu kental manis yang ditulis oleh sobat Cookpad asal Makassar, Nency Datutasik93 @cook_20750334.

Bahan-bahan:

(6 porsi)

Roti tawar bisa dikreasikan menjadi olahan sarapan yang beragam, salah satunya seperti bread pudding mentega sederhana ala Ndari Anka @cemilandari46.

Sobat Cookpad asal Ngawi itu membuat bread puding mentega karena ingin memberikan kejutan kecil kepada adik keponakannya yang penasaran dengan rasa makanan ini.

Siapa yang tidak suka roti bakar? Selain mudah dibuat, resep masakan ini juga membuat anak-anak hingga orang dewasa ketagihan.

Sebagai menu sarapan sederhana, Anda bisa membuat roti bakar topping susu kental manis ala Dapur Mama Arsa @Mama_Arsa.

Cara membuat roti bakar sederhana topping susu kental manis

  1. Belah roti tawar menjadi dua bagian dengan bentuk segitiga.
  2. Olesi roti dengan margarin secukupnya.
  3. Tambahkan toppingceres dan keju secukupnya, boleh keju parut atau bisa keju lembaran.
  4. Tambahkan susu kental manis secukupnya.
  5. Tutup roti dengan bagian yang kosong, lalu panggang selama 5 hingga 7 menit dengan api kecil. Jangan lupa panggangan dipanaskan dulu, lalu dioleskan margarin.
  6. Setelah satu bagian matang, lalu dibalik. Pastikan bagian luar roti juga dioleskan margarin.
  7. Tunggu sampai warna roti berubah cokelat. Angkat roti bakar dan sajikan dengan topping susu kental manis.

Itu tadi lima resep sarapan sederhana dengan topping susu kental manis yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Selamat mencoba!

 

https://www.kompas.com/food/read/2022/09/13/134400175/susu-kental-manis-di-sarapan-sederhana-yang-nikmat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke