Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Resep Muffin Ekonomis untuk Jualan, Ada Muffin Coklat

KOMPAS.com - Muffin merupakan kue mini yang berbentuk seperti cupcakes. Biasanya, muffin disajikan dengan beragam topping seperti sprinkles, meses, atau frosting.

Kamu bisa mencoba resep muffin yang ada di internet untuk ide jualan di rumah. Berikut Kompas.com rangkum, 15 resep muffin yang bisa kamu coba buat di rumah.

1. Resep muffin chocolate chips

Ada resep muffin bertabur chocolate chips yang bisa kamu buat untuk pendamping ngopi atau ngeteh. Rasa manis dari muffin cocok menyeimbangkan pahitnya kopi.

Bahan untuk membuat muffin cokelat ini, seperti telur, tepung self-raising, susu, gula kastor, minyak sayur, dan garam.

2. Resep muffin coklat kukus

Resep muffin coklat kukus ini cukup simpel karena tidak perlu menggunakan oven. Kamu bisa menggunakan panci kukusan atau steamer untuk mematangkan adonan muffin coklat.

3. Resep muffin sehat berserat

Ada resep muffin sehat berserat yang dibagikan oleh ahli gizi. Resep muffin ini rendah gula dengan lemak rantai menengah dan lemak jenuh yang rendah. Simak bahan membuatnya dalam resep berikut ini.

4. Resep muffin pisang

Cara membuat muffin pisang ini cukup simpel dan praktis. Masak dengan cara dipanggang atau dikukus. Ajak sekalian anak atau anggota keluarga lainnya untuk ikuti membuat muffin pisang yang empuk.

5. Resep muffin kopi cokelat kelapa

Selain dinikmati langsung, kopi yang sudah diseduh bisa kamu campurkan ke dalam adonan muffin untuk menambah cita rasa.

Simak resep muffin kopi cokelat kelapa yang satu ini.


 

6. Resep donat muffin

Apa jadinya kalau donat dan muffin dipadukan menjadi satu. Camilan ini bisa kamu buat untuk alternatif donat yang lebih sehat karena tidak perlu digoreng.

7. Resep muffin jagung

Kamu bisa mencampurkan adonan muffin dengan jagung. Jagung yang digunakan adalah yang sudah diolah menjadi krim. Selain itu, tambahkan dengan ham yang sudah dicincang halus.

Ikuti resep muffin panggang berikut ini.

8. Resep muffin coklat sederhana

Ada resep muffin coklat dengan bahan sederhana, seperti mentega tawar, baking powder, dan cokelat masak. Kamu bisa mengikuti resep muffin cokelat ini di rumah untuk ide jualan.

9. Resep muffin blueberry

Dalam buku “Mindy Cakes & Cookies” (2018) oleh Mindy Mot terbitan PT Gramedia Pustaka Utama memuat resep muffin blueberry. Asam manisnya blueberry bisa memberikan pengalaman makan muffin yang unik.

10. Resep egg muffin

Selain dibuat dengan buah-buahan, muffin juga enak dibuat dengan telur. Bahan tersebut membuat muffin terasa gurih.

Selain telur, kamu bisa menambahkan bacon, sayur bayam cincang, susu, irisan paprika, dan merica bubuk. Ikuti resep muffin telur dari laman Delish.

11. Resep English muffin

English muffin terbuat dari bahan seperti gula, garam, susu hangat, ragi, mentega cair, telur, dan tepung jagung yang disemprotkan.

Campurkan bahan kering dan basah di dua mangkuk yang berbeda. Tuang mangkuk bahan basah ke dalam bahan kering, aduk dengan mikser hingga bahan tidak ada yang menggumpal.

12. Resep muffin strawberry

Melansir dari buku “Muffin 'Soulmate' Minum Teh & Kopi” (2013) oleh Dapur Kirana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada resep muffin strawberry yang bisa kamu ikuti.

Bahan yang dibutuhkan adalah tepung terigu, baking powder, gula, parutan kulit jeruk, mentega tawar, telur, dan buah strawberry.

13. Resep muffin nanas

Selain strawberry dan blueberry, kamu bisa menambahkan buah nanas ke dalam adonan muffin buatanmu. Cincang daging buah nanas dan masukkan ke dalam mangkuk berisikan kocokkan buttermilk, mentega, dan telur.

14. Resep muffin ceri

Dalam buku “30 Muffin Lembut Paling Disuka” (2012) oleh Indriati Listyaningsih terbitan Galang Press Media Utama memuat cara membuat muffin ceri.

Bahan yang dibutuhkan, seperti mentega, margarin, gula halus, tepung terigu, cokelat bubuk, dan tidak lupa buah ceri.

15. Resep muffin keju

Muffin keju bisa dibuat dengan menggunakan bahan seperti margarin, gula, telur, tepung terigu, baking powder, keju cheddar, dan krim susu.

Pertama, kocok margarin dan gula hingga rata, setelah itu masukkan telur satu per satu hingga mengembang. Tambahkan bahan lainnya adalan kocokkan margarin dan aduk hingga semua tercampur.

Buku “30 Muffin Lembut Paling Disuka” (2012) oleh Indriati Listyaningsih terbitan Galang Press Media Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Buku “Muffin 'Soulmate' Minum Teh & Kopi” (2013) oleh Dapur Kirana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Buku “Mindy Cakes & Cookies” (2018) oleh Mindy Mot terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2021/12/24/131700975/15-resep-muffin-ekonomis-untuk-jualan-ada-muffin-coklat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke