Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Membuat Bandeng Presto Sederhana, Biar Dagingnya Tak Hancur

KOMPAS.com - Bandeng presto merupakan salah satu olahan ikan bandeng yang digemari banyak orang. Itu karena tulang bandeng yang lunak sehingga mudah memakannya.

Kalau kamu berencana ingin membuat bandeng presto di rumah, ada cara membuat bandeng presto tulang lunak yang perlu kamu perhatikan.

Pasalnya, langkah membuat bandeng presto yang salah bisa membuat hasilnya gagal atau dagingnya hancur.

Diwawancarai oleh Kompas.com, Arif Honggowijoyo Kusmadi selaku Direktur Utama PT Bandeng Juwana di Semarang membagikan cara membuat bandeng presto di rumah.

1. Cara pilih bandeng

Dalam penuturannya, Arif menyarankan untuk menggunakan ikan bandeng berukuran sama. Hal ini untuk menyelarasakan lama waktu memasak ikan bandeng.

“Pastikan ukuran ikan bandeng itu sama. Hal ini biar nanti waktu dimasak pakai panci presto lama waktu memasaknya itu sama. Jangan masak yang ukurannya kecil sama ukurannya besar. Karena waktu memasaknya bed.” jelas Arif kepada Kompas.com pada Senin (13/12/2021).

2. Tidak perlu membersihkan sisik bandeng

Sama halnya dengan jenis ikan lainnya, bandeng juga memiliki sisik. Menurut Arif, bandeng presto pada usaha yang dijalaninya tidak membersihkan sisik bandeng.

Hal ini karena proses masak dengan panci presto bisa melunakkan sisik hingga tulangnya.

“Kalau kita tidak membersihkan sisiknya ya. Karena pakai panci presto itu sudah bisa melunakkan sisik.” Tutur Arif.

3. Gunakan jahe untuk menghilangkan aroma amis bandeng

Arif mengatakan usaha bandeng presto yang dijalaninya tersebut menggunakan bumbu dapur seperti jahe untuk menghilangkan aroma amis bandeng.

“Kita menggunakan bumbu dapur yang namanya jahe untuk menghilangkan aroma amis bandeng. Jadi, air dituang ke dalam panci trus ditambahkan beberapa potong jahe di dalam airnya.” Katanya.

4. Susun ikan bandeng bertumpuk di dalam panci presto

Kamu bisa menggunakan daun pisang sebagai alas untuk menyusun ikan bandeng. Setelah itu, susun secara bertumpuk ikan bandeng yang sudah dilumuri dengan bumbu sesuai selera.

5. Lumuri bumbu kunyit pada badan ikan bandeng

Gunakan bumbu kuning yang terbuat dari kunyi dan bahan lainnya untuk melumuri ikan bandeng. Kunyit bisa memberikan warna kuning pada bandeng agar terlihat lebih cantik.

“Kita biasanya pakai bumbu kunyit, jadi kunyit dihaluskan trus dikasih air. Setelah itu, dioleskan ke badan ikan bandeng agar warnanya lebih cantik.” Tutur Arif.

6. Jangan langsung angkat bandeng di panci presto

Arif menyarankan untuk tidak langsung mengangkat bandeng di panci presto sesaat setelah matang. Pasalnya, hal ini bisa membuat daging bandeng menjadi hancur.

“Kalau bandeng sudah matang atau lunak, jangan langsung diangkat. Karena bandeng butuh penyesuaian suhu. Di dalam panci presto, bandeng dimasak dengan suhu tinggi. Makanya, perlu penyesuaian suhu.” Tuturnya.

“Selain itu, uap air di badan ikan bandeng juga biar hilang dulu baru ditiriskan.” Jelasnya.

https://www.kompas.com/food/read/2021/12/14/201100675/6-cara-membuat-bandeng-presto-sederhana-biar-dagingnya-tak-hancur-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke