Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Masak Mie Instan agar Lebih Enak, Jangan Rebus Terlalu Lama

KOMPAS.com - Kebanyakan mi instan dimasak dengan metode yang sama, yaitu direbus selama beberapa menit, lalu disajikan bersama aneka topping.

Berbeda dari biasanya, ada delapan cara memasak mi instan yang bisa membuat cita rasa dan tekstur sajian ini menjadi lebih enak.

Mulai dari durasi masak hingga beragam penambahan topping, simak delapan cara memasak mi instan yang dilansir dari Insider berikut ini.

1. Jangan masak terlalu lama

Sama seperti namanya, mi instan umumnya dimasak dalam waktu singkat atau tidak terlalu lama.

Beberapa merek mi instan menyarankan untuk memasak hidangan ini dengan durasi tiga hingga lima menit.

Namun, seorang koki dan penulis resep, Anna Rider menyarankan, sebaiknya mi instan hanya dimasak selama satu hingga dua menit saja.

"Memasak setengah matang mi (instan) dalam satu atau dua menit akan membuatnya sempurna pada saat kamu siap untuk menikmatinya," kata Rider dikutip dari Insider.

Jika sudah terlanjur memasak mi instan selama lebih dari dua menit, Rider menyarankan untuk segera membilas mi menggunakan air dingin agar tidak terlalu lembek.

2. Rebus mi instan dalam kaldu

Mi instan umumnya dimasak dengan air mendidih. Namun berbeda dari biasanya, seorang koki dan pengembang resep makanan, Deanna Kang menyarankan untuk memasak mi instan dengan kaldu.

Kang menuturkan, mi instan yang dimasak menggunakan kaldu dapat menghasilkan aroma makanan yang lebih sedap dibandingkan dengan sajian biasanya.

"Mulailah dengan apa pun kecuali air, seperti kaldu ayam atau sayuran," kata Kang

Selanjutnya, kamu bisa menyajikan mi instan lebih enak dari biasanya dengan menyisakan sedikit mi instan mentah.

Nantinya, mi instan mentah bisa dijadikan topping atau taburan untuk hidangan mi instan yang sudah matang.

Seorang koki di kota Quebec, Romain Devanneaux mengatakan, menyajikan mi instan dengan topping mi mentah bisa menciptakan tekstur renyah pada makanan.

Devanneaux juga menyarankan, mi instan bisa disajikan dengan topping wortel mentah parut, keripik, atau roti tawar renyah jika kamu tidak suka menyisakan sebagian isi mi instan.

Kalau kamu lebih suka hidangan dengan cita rasa dan tekstur creamy, coba buat mi instan dengan tambahan keju atau mayonais.

Menurut juru masak dan pendiri The Daring Kitchen, Chris Riley, keju merupakan salah satu padanan mi instan yang tepat.

"Tambahkan beberapa irisan keju, parmesan, atau potongan keju feta setelah memasak mi (instan) selama beberapa menit. Kamu juga bisa menambahkan beberapa mayonais untuk membuat hidangan lebih creamy," kata Chris.

5. Tambahkan rumput laut

Rumput laut bisa cocok dijadikan makanan pendamping mi instan. Menurut Rider, cita rasa rumput laut yang cenderung asin, dapat menambah kaya rasa mi instan.

Selain rumput laut, Rider juga menyarakan untuk menghidangkan mi instan dengan jamur shitake, telur rebus yang dibelah memanjang, dan acar wortel.

6. Sajikan dengan makanan sisa

Selain keju dan mayonais, mi instan juga bisa dimasak dan disajikan dengan beberapa bahan makanan lain. Salah satunya adalah makanan yang tersisa di kulkas rumah.

Rider mengatakan, beberapa makanan sisa yang umum ada di kulkas rumah, bisa dijadikan sajian pendamping mi instan.

"Kamu bisa menggunakan makanan sisa, seperti irisan ham atau telur goreng dari sarapan untuk membuat mi instan menjadi makanan yang lebih lengkap," tutur Rider.

Bukan hanya dua makanan itu saja, Rider juga menuturkan bahwa daun bawang atau daun kemangi cincang, bisa dijadikan pelengkap sajian mi instan.

Untuk membuat cita rasa mi instan lebih asin dan gurih, Chris menyarankan, sebaiknya gunakan tambahan kecap.

"Kecap dapat meningkatkan rasa dan kompleksitas mi instan. Jika kamu lebih suka bumbu, tambahkan saus cabai juga," ujar Chris.

8. Tumis mi instan atau jadikan salad

Terakhir, kamu bisa menyajikan mi instan menjadi lebih lezat dari biasanya dengan mengubah metode masak.

Kang menuturkan, mi instan cocok ditumis bersama sayuran dan saus. Namun, mi instan tetap harus direbus terlebih dahulu.

Setelah itu, mi instan bisa ditumis dengan saus minyak wijen dan cuka beras.

https://www.kompas.com/food/read/2021/11/16/213600875/8-cara-masak-mie-instan-agar-lebih-enak-jangan-rebus-terlalu-lama-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke