Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Membuat Kulit Bakpia agar Renyah dan Berlapis

KOMPAS.com - Kesulitan saat membuat bakpia yakni pada proses bikin kulitnya. Terlebih jika kamu menginginkan kulit yang renyah dan berlapis. 

Selain lebih garing, kulit bakpia yang renyah umumnya juga tahan lama. Bahkan jika disimpan dengan benar, kulit tersebut akan tetap renyah setelah beberapa hari. 

Pemilik Bakpia Citra Premium, Yusnia Seviastuti membagikan cara membuat kulit bakpia yang renyah dan berlapis. Berikut penjelasannya. 

1. Pakai bahan berkualitas 

Untuk membuat kulit bakpia yang renyah, dianjurkan memakai bahan berkualitas. Baik dari tepung dan menteganya. 

2. Gunakan teknik puff pastry

Pembuatan kulit bakpia dapat menyontek langkah-langkah membuat puff pastry yang berlayer-layer. Hal ini perlu dilakukan agar kulit bakpia berlapis dan renyah. 

"Teknik bikin kulit bakpia ini mirip puff pastry, yang berlayer-layer gitu. Tapi bukan kayak croissant ya. Kalau croissant kan memang adonan roti yang dikasih ragi, nah bakpia kan tidak pakai ragi" jelas Sevi. 

Dalam buku "Seri Popular Food - Aneka Kue Pia" oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dituliskan beberapa resep bakpia yang kulitnya dibuat dengan cara dibungkus dengan kulit lain. 

Maksudnya adalah kulit yang sudah diisi dengan isian, lalu dibungkus dengan kulit lain yang sudah digilas atau ditipiskan. 

Menurut Sevi, sebelum dibungkus dengan kulitnya, isian bakpia baiknya didinginkan terlebih dulu. Hal ini perlu dilakukan agar kulit tidak sobek dan lebih renyah. 

"Jadi isinya didinginin dulu, nanti kalau sudah dingin baru diisikan ke kulitnya biar tidak sobek dan renyah," pungkasnya. 

Buku "Seri Popular Food - Aneka Kue Pia" oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

https://www.kompas.com/food/read/2021/09/10/210600675/3-cara-membuat-kulit-bakpia-agar-renyah-dan-berlapis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke