Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Toko Donat Enak di Yogyakarta, Ada Donat Kentang dan Donat Premium

KOMPAS.com - Donat dapat menghidangkan untuk acara spesial atau sekadar bersantai bersama keluarga di rumah. 

Tekstur donat yang lembut dan rasanya yang enak membuat orang dewasa dan anak-anak menyukai. Apalagi jika disajikan dengan topping kesukaan.

Di Yogyakarta, terdapat beberapa toko yang menjual donat enak.

Beberapa di antaranya memiliki toko fisik yang bisa dikunjungi. Namun ada pula yang hanya melayani pemesanan secara daring.

Berikut 15 toko donat enak di Yogyakarta yang wajib kamu coba. Selama masa pandemi dan PPKM, sebaiknya lakukan pemesan secara daring untuk tindak prenventif. 

1. Kalis Donat

Kalis Donat cukup terkenal di kalangan warga lokal maupun wisatawan.

Toko donat ini menyajikan donat artisan dengan berbagai topping dan isian, di antaranya Tiramisu Regal, Cinnamon Sugar, Creme Brulee, dan Cream Custard Filling.

Harga donat di Kalis Donat bisa dibilang terjangkau. Satu donat reguler diberi harga Rp 8.000, sedangkan donat premium dihargai sekitar Rp 10.000 - Rp 15.000.

Lalu, ada pula donat berukuran kecil yang diberi nama Kalis Kecil, harganya Rp 25.000 per pack.

Kalis Donat beralamat di Jalan Candrakirana Nomor 23, Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam operasionalnya setiap hari pukul 09.00-20.00 WIB.

Jika ingin membeli, sebaiknya lakukan pada pagi atau siang hari, supaya tidak kehabisan varian favoritmu. Atau, kamu juga bisa memesan melalui layanan ojek daring. 

2. Dopio Donuts

Dopio Donuts merupakan salah satu toko donat premium artisan di Yogyakarta. Saat ini, Dopio Donuts memiliki dua toko fisik, yakni di Jalan Kaliurang dan Tamansiswa.

Dopio Donuts menyajikan donat artisan dengan berbagai topping dan isian. Uniknya, toko ini juga memiliki sajian donat infus yang legit dan menggugah selera.

Walau labelnya ialah toko donat premium, tapi harga menu di Dopio Donuts cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.00 saja.

Franchise donat miliki artis Baim Wong dan Paula Verhoven kini juga ada di Yogyakarta.

Lokasi tepatnya ada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 139A, Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Menu-menu donat yang dijual di toko ini cukup bervariasi, dari donat topping manis hingga asin pun ada.

Terdapat pula donat goreng yang teksturnya crispy, namanya menunya ialah Crispy and Crunchy. Isi dari donat ini pun beragam, mulai dari keju lumer hingga saus pisang.

Jika ingin mencoba, kamu bisa membeli sajian donat di Donuthing Planet dengan harga Rp 7.000 - Rp 9.000 per bijinya.

Bila ingin lebih hemat, sebaiknya pilih menu paket yang harganya antara Rp 40.000 - Rp 50.000.

4. Mooi Donat Jogja

Jika kamu penggemar donat kentang, maka wajib untuk mencoba sajian donat dari Mooi Donat Jogja.

Toko ini menjual donat kentang mini dalam 16 varian rasa, di antaranya gula halus, cokelat kacang, green tea, dan abon.

Harga menu donat di Mooi Donat ini sangatlah terjangkau, hanya Rp 6.000 per dua buah.

Bahkan kamu pun bisa memesan menu paket agar lebih hemat. Harganya sendiri mulai dari Rp 9.000 - Rp 30.000.

Mooi Donat kini memiliki banyak cabang yang tersebar di beberapa wilayah Yogyakarta, seperti di Gejayan, Godean, dan Jalan Kaliurang KM 10.

Jam operasional setiap tokonya berbeda-beda. Oleh karena itu, cek dulu di media sosial mereka sebelum memesan. Atau, jika ingin praktis kamu dapat memesan melalui ojek daring.

5. Happy Nuts YK

Happy Nuts YK bisa menjadi pilihan jika kamu ingin memesan donat untuk bingkisan atau hadiah ulang tahun. Pasalnya, menu donat dari toko ini cukup unik bentuknya, berbentuk huruf dan angka.

Sama halnya dengan toko donat kebanyakan, Happy Nuts YK juga menyajikan donat dengan beragam topping, seperti cokelat dan vanila.

Untuk harganya sendiri bisa dibilang terjangkau, mulai dari Rp 50.000 - Rp 60.000.

Kamu dapat memesan donat dari Happy Nuts YK ini melalui layanan ojek daring atau kontak yang tertera di Instagram @happynuts.yk.


6. Donat Kuyo

Donat Kuyo memiliki beberapa toko cabang yang tersebar di wilayah Yogyakarta.

Jika melihat dari media sosialnya, kamu dapat menemukan Donat Kuyo di sekitar Seturan, Jalan Godean, dan Jalan Parangtritis.

Toko donat ini menyajikan menu donat cincin klasik dan bomboloni. Topping dan isiannya pun cukup beragam, mulai dari meses klasik hingga crunchy green tea.

Satu buah donat di toko ini diberi harga sekitar Rp 6.000 - Rp 10.000. Tersedia pula menu paket yang dijual dengan harga lebih murah, mulai dari Rp 35.000 - Rp 55.000.

Toko donat yang satu ini memang terbilang baru, tapi sudah memiliki banyak penggemar.

Sebetulnya 360 Doughnuts mirip dengan kebanyakan toko donat lainnya. Namun uniknya di toko ini kamu bisa mendapatkan donat gurih dengan topping abon. 

Selain itu, tempatnya pun nyaman dan cukup luas. Jadi, cocok digunakan untuk bersantai bersama teman dekat saat pandemi berakhir.

Tak hanya donat, di 360 Doughnuts kamu juga bisa memesan kopi susu untuk pelengkap minumannya.

Sayangnya tidak diketahui pasti berapa harga donat dan sajian lainnya di toko ini.

Jika ingin mencoba, kamu bisa datang langsung ke 360 Doughnuts yang beralamat di Jalan Colombo Yogyakarta Nomor 4A Samirono, Caturtunggal, Kecamatan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jam operasionalnya setiap pukul 09.00 - 22.00 WIB. Sebelum berkunjung, ada baiknya jika kamu mengkroscek lagi jam bukanya, barangkali berbeda selama PPKM.

8. Mister Donut Indonesia

Toko donat terkenal di Jepang ini, kini membuka cabang di Yogyakarta. Lokasinya tepatnya ada di Jalan. Seturan Raya Nomor C4, Kledokan, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Mister Donut menghadirkan beberapa menu donat seperti classic donut, french donut, dan filling donut. Bahkan beberapa waktu lalu mereka membuat donat spesial pokemon.

Jika ingin membeli kamu bisa langsung datang ke outlet mereka yang ada di Jalan Seturan Raya Nomor C4, Kledokan, Condongcatur.

Atau, dapat pula memesan melalui layanan ojek daring. Jam operasionalnya setiap hari pukul 07.00 - 21.00 WIB. Barangkali selama PPKM ini mengalami perubahan jam buka.

9. Emerald Donat YK

Buatmu yang tinggal di kawasan barat Yogyakarta, Emerald Donat YK bisa menjadi pilihan jika tiba-tiba ingin makan donat.

Emerald Donat menyajikan donat klasik dengan berbagai topping pilihan, seperti tiramisu dan green tea. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp 20.000 - Rp 40.000 per paket.

Emerald Donat melayani pembeli langsung di toko atau pemesanan lewat ojek daring. Selain itu, tersedia pula layanan pemesan melalui nomor telpon yang tertera di @emerald_donat_yk.

Toko donat ini menjual donat kentang premium dengan tampilan yang cantik, sehingga bisa digunakan untuk bingkisan ataupun hadiah.

Terdapat 30 pilihan topping dari toko donat ini. Semuanya memiliki rasa yang enak dan unik.

Hello Sunday YK melayani pemesan melalui layanan ojek daring dan akun media sosial @Hello_sundayyk.

Jika merujuk dari Instagram mereka, Hello Sunday YK melayani pemesan selama 24 jam. Namun, baiknya kamu memastikan kembali dengan menghubunginya langsung. 


11. Donut Baba

Donat homemade dari Donut Baba bisa menjadi pilihan camilan untuk teman minum kopi sore hari.

Kamu dapat memesan donat dengan berbagai topping dan isian, seperti icing sugar dan nuttela. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, mulai dari Rp 8.000 - Rp 13.000.

Pemesan Donut Baba dapat dilakukan melalui layanan ojek daring dan mengontak melalui @donutbaba_id.

12. Yonana

Jika ingin mencoba donat yang tak biasa, kamu bisa memesan dari Yonana. Varian donat dari Yonana cukup unik dan menarik.

Beberapa bahan yang digunakan berbeda dengan toko donat kebanyakan, misalnya penggunaan bayam dan ubi untuk topping donatnya.

Jika melihat dari media sosialnya, Yonana memiliki menu yang menarik seperti Cokelat Mawar dan Bayam Cokelat.

Bila penasaran dengan rasanya, kamu bisa memesan atau mengikuti pre-order mereka melalui Instagram @yonana.id. Tak perlu khawatir, harganya terjangkau, sekitar Rp 7.000 saja.

13. Da’im Donut & Coffee

Donat yang lembut dan manis memang nikmat disantap bersama kopi susu. Alih-alih membeli dari dua tempat berbeda, kamu bisa memesan saja di Da’im Donut & Coffee.

Da’im Donut berlokasi di Jalan Kaliurang Nomor 10 Gondangan, Sardonoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati sajian donut dengan beragam topping dan isian. Salah satu topping andalan mereka yakni Tiramisu Regal-nya.

Sayangnya tak diketahui pasti berapa harga donat di tempat ini. Jadi, kamu bisa menanyakan langsung melalui media sosial @daimdonutsandcoffee.

14. Nest Coffee & Donut

Sebetulnya tempat ini ialah coffee shop, tapi mereka memiliki menu donat enak yang patut dicoba.

Salah satu menunya yakni donat dengan topping banana coffee. Perpaduan pisang yang manis, pas dikombinasikan dengan kopi yang flavourfull.

Nest Coffee & Donut beralamat di Jalan Ringroad Selatan, Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Bila ingin ke sana sebaiknya lakukan reservasi atau tanyakan dulu jam operasionalnya. Sebab, di media sosial mereka tak disebutkan secara pasti.

Kamu bisa menghubungi melalui Instagram @nestcoffeendonuts.

15. O'Donuts Jogja

O'Donuts Jogja menyediakan donat kentang klasik dan donat bomboloni dengan berbagai topping dan isian.

Uniknya, mereka juga memiliki menu donat crispy bercita rasa asin. Nama menu tersebut ialah Donat Kentang Krispi Sosis.

Sekilas menu ini mirip dengan burger, tapi adonan yang digunakan ialah adonan donat kentang. Harga donat crispy ini sekitar Rp 25.000 per setengah lusin.

Sementara, untuk donat manis lainnya diberi harga sekitar Rp 30.000 per setengah lusin atau enam biji.

Pemesanan O'Donuts Jogja dapat dilakukan H-1 melalui media sosial @O_donuts.id.

Kamu bisa mengambil pesanan tersebut langsung di rumah atau dikirim lewat jasa kurir maupun ojek daring.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

https://www.kompas.com/food/read/2021/07/31/120300975/15-toko-donat-enak-di-yogyakarta-ada-donat-kentang-dan-donat-premium

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke