Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Tempat Makan Keluarga di Bogor, Ada Masakan Khas Sunda dan Jawa

KOMPAS.com -  Berkunjung ke Bogor tidak lengkap jika melewatkan kuliner khas Bogor serta pemandangannya.

Di kota dan kabupaten Bogor, kamu bisa menemukan banyak tempat makan keluarga mulai dari rumah makan dengan gaya lesehan hingga restoran berkelas.

Beberapa tempat makan keluarga di sekitar Bogor menyediakan kuliner khas daerah seperti Jawa dan Sunda. Selain itu, ada juga restoran yang menyediakan sajian internasional.

Simak 11 tempat makan keluarga di Bogor untuk referensi kamu ketika berkunjung ke kota hujan ini.

1. Rumah Air Bogor

Rumah Air Bogor merupakan restoran yang menjajakan makanan khas Sunda seperti ayam bakakak goreng, tutug oncom, nasi timbel, cumi bakar saus madu, sup nila kelapa batok, dan ikan patin bambu.

Restoran ini menyediakan saung di pinggir danau untuk tempat makan bersama keluarga. Sambil makan, anak-anak bisa menikmati wisata seperti berkuda, memancing, dan naik ATV.

Terletak di kawasan Boulevard CBD tepatnya di Jalan Bogor Nirwana Residence, RT.01 RW.06, Mulyaharja, Kota Bogor, Jawa Barat, Rumah Air Bogor buka setiap hari.

Kamu bisa berkunjung mulai pukul 10.00 - 18.00 WIB pada weekdays dan pukul 10.00 - 21.00 WIB pada weekend.

Makanan yang ada di Rumah Air Bogor dibanderol mulai dari Rp 11.000 hingga Rp 150.000 per satu hidangan.

2. Gurih 7 Bogor

Di Kota Bogor, kamu bisa temukan banyak restoran yang memanfaatkan saung bambu sebagai tempat makan. Salah satunya adalah Gurih 7 Bogor.

Gurih 7 Bogor adalah saung makan lesehan yang menyediakan kuliner khas Sunda.

Kamu bisa pilih banyak sajian lezat dari Gurih 7 Bogor seperti gurame goreng kipas, cumi goreng saus padang, patin bakar rica-rica, sate daging kambing, iga penyet dan bakwan jagung.

Restoran Gurih 7 Bogor terletak di Jalan Pajajaran No. 102, Bogor. Kalau kamu ingin melakukan reservasi terlebih dahulu bisa hubungi 0822 2777 7236.

3. Saung Kuring

Saung Kuring menawarkan makanan khas Sunda seperti nasi pepes, tumis kangkung, kakap endog asin, ayam lada hitam.

Variasi minuman ada aneka jus buah, es teh, es susu hingga bandrek.

Satu jenis makanan dari Saung Kuring dihargai sekitar Rp 7.000 hingga Rp 126.000.

Tidak hanya makanan per porsi, Saung Kuring juga menyediakan paket makanan untuk enam orang yang disebut sebagai Paket Babancakan.

Paket Babancakan berisi lalapan dan kerupuk, tempe orek kecap, gado-gado atau karedok, ayam goreng, gurame goreng atau bakar, bakwan jagung, dan sambal mangga.

Kemudian jamur goreng tepung, sambal cobek, ulukutek leunca, toge tahu, dan ikan asin peda goreng.

Satu paket babancakan dibanderol mulai dari Rp 456.000.

Restoran yang terletak di Jalan Sholeh iskandar Nomor 9 kota Bogor ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00.

4. Kluwih Sunda

Restoran Kluwih Sunda berlokasi di Jalan Bina Marga I Nomor, kota Bogor, Jawa Barat. Kluwih Sunda buka setiap hari mulai pukul 12.00-21.00 WIB.

Kluwih Sunda cocok dijadikan tempat makan untuk keluarga besar hingga 20 orang. Selain itu, desain restoran Kluwih Sunda sangat menarik dan cocok dijadikan tempat berfoto yang instagramable.

Kamu bisa coba beragam menu khas Sunda dari Kluwih Sunda seperti surabi, pisang goreng, nasi kecombrang, seblak ceker, empal ceurik, oseng iga dan sayur kluwih.

Satu sajian dari restoran Kluwih Sunda dihargai mulai Rp 6.000 hingga Rp 96.000. Kluwih Sunda juga menawrkan beragam paket makan menarik.

Paket makan keluarga yang ada di Kluwih Sunda adalah Paket Presiden A, B, dan C. Satu paket makan tersebut dikenakan harga Rp 299.000-Rp799.000 untuk 4 hingga 10 orang.

5. Medja Restaurant

Medja Restaurant memiliki tiga jenis ruangan dengan kapasitas berbeda.

Ada ruang Sawala yang disebut juga VIP room dengan kapasitas 14 orang, ruang Renjana dengan kapasitas 70-100 orang, dan ruang Kasmaran untuk kapasitas 100-130 orang.

Restoran ini cocok dijadikan tempat makan bersama kerabat hingga keluarga.

Medja Restaurant menawarkan makanan dan minuman dengan harga mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 189.000.

Beberapa sajian yang ada di Medja Restaurant adalah tahu sumpel, kroket Bogor, baso goreng, ayam lodho, sate manis kuah, bajigur, kopi jahe, dan aneka jamu.

Jika tertarik untuk makan ke Medja Restaurant, kamu dapat berkunjung langsung ke Jalan Pajajaran Indah V Nomor 6, kota Bogor atau melakukan reservasi ke nomor 0251 8385841.

6. Resto Solo

Di Bogor, kamu tidak hanya menemukan makanan khas Sunda, tapi juga kuliner khas Jawa.

Resto Solo merupakan restoran yang menyediakan makanan dan suasana tempat ala Jawa yang autentik.

Kamu dan keluarga bisa makan dan menikmati suasana alam yang luas di sekitar Resto Bogor. Restoran ini buka setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 10:00-19:00 WIB.

Resto Solo terletak di bagian timur kota Bogor tepatnya di Jalan Pajajaran Indah V Nomor R5, Bogor Timur, Jawa Barat.

Coba berbagai sajian khas Jawa dari Resto Solo seperti krecek, nasi gudeg, nasi garang asem, selat solo, es degan dan wedang uwuh.

Satu hidangan dari Resto Solo dijual dengan harga terjangkau mulai dari Rp 4.000 hingga Rp 37.000.

7. Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut

Ingin menyantap olahan bebek dan ayam? Mungkin Bebek & Ayam Goreng milik Pak Ndut bisa jadi solusinya.

Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut memiliki 27 cabang di seluruh Indonesia, salah satunya terletak di kota Bogor tepatnya di Jalan Bina Marga I Nomor 17, kota Bogor.

Kamu bisa cicipi olahan bebek dan ayam seperti bebek/ayam kremes, sambel ijo, lada hitam serta bebek dan ayam serundeng.

Satu jenis olahan bebek dan ayam dari Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut dibanderol mulai Rp 37.000 hingga Rp 40.000.

8. Waroeng Taman

Waroeng Taman terletak di Pusat Niaga Taman Kencana Jalan Ceremai Ujung Babakan Nomor, Kecamatan Bogor Tengah, kota Bogor, Jawa Barat.

Tempat makan keluarga ini menyediakan beragam sajian enak seperti mie ayam jamur, puyunghai ayam, ayam bakar dan gado-gado.

Satu porsi sajian dari Waroeng Taman dijual mulai dari harga Rp 12.000 hingga Rp80.000. Kamu bisa mengunjungi Waroeng Taman setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

9. Bukit Air Resto

Bukit Air Resto merupakan salah satu restoran Sunda di Bogor yang cocok dijadikan tempat kumpul keluarga hingga resepsi pernikahan.

Sesuai namanya, Bukit Air Resto terletak di tepi bukit yang dikelilingi hamparan sawah, kebun sayur, lembah dan air melimpah yang menjadikannya restoran dengan gaya naturan pedesaan.

Di restoran ini, kamu bisa menyantap banyak makanan seperti sate ayam, iga bakar, tumis jantung cau, balakaciprut, oblada - obladi dan tempe butut.

Memesan satu hidangan di Bukit Resto dikenai harga mulai dari Rp 7.900 hingga Rp 69.000.

Jika tertarik makan di Bukit Air Resto, kamu bisa langsung kunjungi restorannya di Jalan Babakan Encle Desa sukaharjan, Kecamatan Ciomas Bogor.

Bukit Air Resto buka setiap hari pukul 09.00-18.00 WIB dan menerima pemesanan terakhir di pukul 17.00 WIB.

10. Kampoeng Koneng

Kampoeng Koneng menyediakan masakan khas kampung. Beberapa menu andalan Kampoeng Koneng disajikan lengkap bersama sambal merah dan hijau yang akan menggugah selera makan.

Salah satu sajian khas Kampoeng Koneng yang patut kamu coba adalah Sate Tulang.

Kampoeng Koneng menjajakan makanan seperti roti bakar kornet, soto mi Bogor, nasi ulam, mi godok, nasi liwet dan kinca durian ketan.

Satu sajian dari Kampoeng Koneng dijual seharga Rp 15.000 hingga Rp 200.000.

Kampoeng Koneng juga menyediakan paket makanan untuk lima orang dengan harga mulai dari Rp 65.000 hingga Rp 70.000.

Kalau kamu tertarik untuk berkunjung ke Kampoeng Koneng silahkan datang ke Jalan Tapos, RT.03/RW.04, Sentul Selatan, Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat.

11. Talaga Sampireun

Talaga Sampireun cocok menjadi tempatuntuk melepas kepenatan hiruk pikuk kota. Nuansa natural saung di Talaga Sampireun bisa dirasakan sambil menikmati masakan yang eksotis.

Talaga Sampireun memilki banyak cabang di Indonesia, salah satunya terletak di kawasan Bogor.

Berlokasi di dalam Vimala Hills Bogor, Talaga Sampireun sangat mudah dijangkau. Kamu dapat menikmati hidangan khas Nusantara dengan suasana asri dan udara sejuk pegunungan.

Talaga Sampireun buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Talaga Sampireun menyediakan makanan seperti kepiting cabe bawang, patin bakar bumbu, gurame saos mangga, iga garang asam, dan es pisang ijo.

Satu jenis makanan dari Talaga Sampireun dijual mulai dari harga Rp 9.000 hingga Rp 169.000.

Kamu juga bisa memesan paket makanan untuk 10 orang yang dibanderol mulai dari Rp 1,1 juta hingga Rp 1,4 juta.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

https://www.kompas.com/food/read/2021/05/18/153800975/11-tempat-makan-keluarga-di-bogor-ada-masakan-khas-sunda-dan-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke