Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Masak Lebih Mudah dan Konsisten ala Healthy Food Content Creator

KOMPAS.com - Bagi beberapa orang, memasak adalah hal yang menyenangkan. Tak heran bila masak memasak bisa dijadikan salah satu hobi yang juga menjanjikan karena bisa menjadi modal usaha.

Sama seperti hal lain, kegiatan memasak juga membutuhkan kemantapan atau konsistensi agar dapat dijalankan secara berkelanjutan.

Healthy food content creator, Kushandari Arfanidewi pada virtual gathering ramadhan Tetra Pak, Kamis (29/4/2021), membagikan tips agar konsisten dalam memasak, seperti berikut: 

1. Cari referensi

Menurut Kushandari, salah satu alasan mengapa banyak orang tidak konsisten dalam memasak adalah karena stuck atau merasa buntu. 

Salah satu tips mengatasi rasa malas karena stuck adalah perbanyak referensi.

"Aduh masak apa ya? Kemarin sudah ayam gule, masa ayam gule lagi. Kita harus dapat referensi dari manapun," tuturnya.

Referensi yang dimaskud di antaranya adalah dengan membaca buku dan menonton YouTube.

Secara pribadi, dirinya mengaku lebih sering langsung mencoba memasak suatu hidangan baru yang sedang hit untuk mempertahankan konsistensinya dalam memasak.

2. Catat ide

Ide kadang muncul dalam waktu-waktu tertentu. Kamu bisa coba catat ide memasak apapun dalam buku dan melaksanakannya di kemudian hari.

"Kalau lagi ada ide jangan lupa untuk dicatat. Kadang-kadang ide itu datang, kalau kita gak tangkep, ya sudah ide itu ilang," ujar Kushandari.

Kamu dapat menggunakan buku resep sebagai kumpulan ide memasak yang pernah terlintas.

Kushandari menuturkan bahwa akan ada sensasi berbeda yang didapatkan dari catatan masak pribadi dan menonton video memasak melalui YouTube.

Tidak seperti menonton video YouTube, menggunakan catatan pribadi dapat menciptakan semangat tersendiri karena bisa mengingat kembali ide yang pernah muncul di pikiran.

https://www.kompas.com/food/read/2021/05/03/154100175/cara-masak-lebih-mudah-dan-konsisten-ala-healthy-food-content-creator

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke