Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Bersihkan Taoge dengan Cepat, Apa Akarnya Harus Dibuang?

KOMPAS.com - Sama seperti sayuran lainnya, taoge juga harus dibersihkan sebelum diolah.

Sebetulnya cara membersihkan taoge cukup mudah. Namun karena taoge berukuran kecil dan memiliki kulit serta akar di bagian ujungnya, membersihkan taoge jadi makan waktu. 

Apalagi jika taoge yang kamu beli jumlahnya cukup banyak. Berikut cara cepat membersihkan dan mencuci taoge sebelum diolah.

1. Memotong akar taoge

Melansir laman Taste.com.au, akar taoge dapat membuat taoge mudah berlendir dan tidak awet saat disimpan. Ketika diolah, akar taoge pun dapat mengganggu kerenyahan teksturnya. 

Oleh karena itu, disarankan untuk membuangnya saja. Kamu dapat membuang akar taoge dengan cara memotongnya menggunakan tangan.

Pastikan potong tepat di bagian ujungnya supaya tidak banyak batang taoge yang terbuang. 

Selain dipotong akarnya, taoge juga harus dibuang kulit kepalanya. Cara paling cepat untuk membersihkannya ialah dengan merendam taoge di dalam air. 

Tuang taoge ke dalam baskom berukuran agak besar, lalu beri air hingga taoge tenggelam. Aduk-aduk supaya kulit kepalanya terlepas.

Diamkan beberapa saat supaya kulit kepalanya terampung. Jika sudah, gunakan saringan kecil untuk membersihkan kulit kepalanya. 

Taoge harus disaring kembali sebelum diolah atau disimpan. Proses penyaringan ini dapat membuat taoge benar-benar terbebas dari kulit kepalanya. 

Namun cara menyaringnya tidak dengan menuang taoge yang direndam ke dalam saringan. Melainkan, mengambil taoge menggunakan tangan lalu tempatkan di saringan yang sudah disiapkan. 

4. Cuci dengan air mengalir 

Untuk membersihkan sisa kulit kepalanya, taoge sebaiknya dicuci kembali menggunakan air mengalir.

Setelah dicuci, taoge siap diolah menjadi beragam hidangan. Namun apabila taoge tak langsung diolah atau ingin disimpan terlebih dulu, cukup potong akarnya saja. 

Taoge yang ingin disimpan tidak perlu dicuci dahulu. Dilansir dari Leaf.tv, Proses pencucian justru dapat membuat taoge berlendir dan tidak awet saat disimpan. 

https://www.kompas.com/food/read/2021/03/26/181100075/4-cara-bersihkan-taoge-dengan-cepat-apa-akarnya-harus-dibuang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke