Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Tempat Makan Enak di Sekitar Pangandaran, Banyak Hidangan Laut

KOMPAS.com - Ada banyak tempat makan enak di sekitar Pangandran, Jawa Barat yang dapat dikunjungi. 

Kamu bisa menemukan beragam kuliner menarik, mulai dari makanan khas Indonesia hingga western food. Harga makanan yang dijual cukup variatif dan terjangkau. 

Berikut 15 tempat makan enak di sekitar Pengandaran yang wajib kamu coba. Silakan mampir jika kebetulan sedang berada atau lewat di sana. 

1. Soto Jarkomi

Di warung soto ini kamu bisa menikmati semangkuk soto khas Pangandaran yang lezat. Harga satu porsinya kira-kira Rp 15.000. 

Dalam satu mangkuk, kamu akan mendapatkan soto lengkap berisi irisan daging, bihun, serta kerupuk berwarna merah. Tersedia pula kecap, sambal, jeruk nipis, dan potongan daun bawang sebagai pelengkapnya.  

Jika ingin mencoba, kamu bisa datang ke warung Soto Jarkomi yang ada di Jalan Penanjung No. 142, Kecamatan Pangandaran.

Jangan khawatir, karena warung ini buka hingga malam hari. Namun dibagi menjadi dua waktu, pagi dan sore hari.

Pada pagi hari, Soto Jarkomi buka pukul 05.00-10.00 WIB. Sementara, siang harinya buka pukul 04.15-22.00 WIB.

Walau namanya pasar ikan, tetapi kawasan ini justru berisi warung-warung yang menjual beragam olahan seafood. 

Di sini kamu bisa membeli seafood favorit secara kiloan dengan harga terjangkau. Menu yang cukup terkenal di pasar ini ialah kepiting gorengnya. 

Kepiting yang diolah merupakan kepiting berukuran kecil yang cangkangnya gurih dan renyah. Sebagai pelengkap, kamu dapat memesan aneka saus, mulai dari asam manis hingga saus tiram. 

Namun sayangnya tidak diketahui pasti berapa kisaran harga olahan seafood di pasar ini.

Apabila penasaran, kamu bisa langsung mengunjungi Pasar Ikan Pangandaran yang berada di sekitar Jalan Pantai Timur, Pangandaran. 

3. Rumah Makan Karya Bahari 

Setelah dari pasar ikan, jangan lupa mampir ke Rumah Makan Karya Bahari. Rumah makan ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. 

Menu yang dijual ialah olahan seafood dengan saus dan bumbu khas. Kamu bisa memesan dengan hitungan gram, tetapi minimal 300 gram. 

Harga satu porsinya cukup bervariasi, tergantung jenis seafood yang dipilih dan berapa beratnya. 

Silakan kunjungi Rumah Makan Karya Bahari yang ada di Komplek Pasar Ikan Pantai Timur Pangandaran jika ingin mencobanya. Jam bukanya pukul 08.00-22.00 WIB. 

4. Rumah Makan Berkah Seafood

Jika Rumah Makan Karya Bahari terlalu ramai, kamu bisa mencoba olahan seafood dari Rumah Makan Berkah Seafood.

Lokasinya ada di Jalan Talanca, Pasar Ikan Nomor 315, Pantai Timur, Pangandaran. Sama seperti namanya, rumah makan ini menjual bermacam-macam olahan seafood segar yang bisa dipilih sesuai selera. 

Harga per porsinya cukup bervariasi, mulai dari Rp 25.000. Namun harga tersebut bisa berbeda tergantung jenis seafood yang dipilih dan berapa beratnya. 

Untuk jam bukanya sendiri, pukul 07.30-22.00 WIB. 

Di sekitar Jalan Kidang Panajung, Pangandaran, ada satu warung sate legendaris yang terkenal. Nama tempatnya ialah Warung Sate Galunggung. 

Warung sate ini sudah ada sejak tahun 1970. Di sini kamu dapat menikmati sate ayam atau kambing yang disajikan dengan bumbu kacang legit. 

Potongan dagingnya besar-besar, jadi akan terasa kenyang saat memakannya. Selain sate ada juga menu lain yang sama enaknya, seperti sup kambing, sup buntut, dan sup kaki sapi. 

Untuk harganya sendiri mulai dari Rp 20.000. Bukanya pukul 10.00-23.00 WIB. 


6. Rasa Sayang

Rumah makan dengan nama unik ini menjual beragam olahan seafood yang lezat, mulai dari kepiting hingga bermacam-macam ikan. 

Salah satu yang menjadi favorit ialah menu simping tim hongkong yang diberi sentuhan ala chinese food. Sayangnya tidak diketahui pasti berapa harga satu porsinya. 

Kamu yang ingin mencoba bisa datang ke Rasa Sayang yang beralamat di Jalan Kidang Pananjung Nomor 236, Pananjung, Banjar, Pangandaran. 

Jam bukanya sendiri pukul 08.00-21.00 WIB. Sebaiknya jangan datang di jam makan siang atau makan malam agar tidak terlalu ramai. 

Brillo Pizza merupakan salah satu kedai piza yang cukup terkenal di Pangandaran. Lokasinya ada di sekitar Cikembulan, Sidamulih, Pangandaran. 

Kedai piza yang buka pukul 12.00-21.00 WIB ini selalu ramai dikunjungi oleh warga lokal dan wisatawan.

Menurut ulasan dari media sosialnya, tempat ini menyajikan makanan yang lezat serta suasananya yang nyaman.

Harga satu loyang pizanya pun cukup terjangkau, antara Rp 45.000-100.000 saja. 

8. Mady's Gelato Caffe & Grill 

Ingin menikmati makanan lezat sembari menyaksikan matahari terbenam? Jika iya, maka kamu wajib mengunjungi Mady's Gelato Caffe & Grill ini. 

Lokasi tepatnya ada di Jalan Pantai Barat Nomor 17, Pangandaran. Menu-menu yang disajikan cukup beragam, ada es gelato hingga wastren food yang lezat. 

Sayangnya tidak diketahui pasti berapa harga makanan dan jam buka restoran ini. 

Java Kitchen merupakan salah satu kafe yang letaknya dekat dengan pantai. Berada di kafe ini serasa sedang berayun-ayun di pantai.

Menu makanan yang disajikan kebanyakan ialah olahan seafood dengan cita rasa Asia. Kisaran harganya sendiri kurang lebih Rp 50.000 per porsi. 

Kamu yang ingin mencoba bisa datang langsung ke Java Kitchen yang berada di sekitar Jalan Pamugaran, Wonoharjo, Pangandaran. Namun jam bukanya hanya pada pukul 19.00-24.00 WIB. 

10. Rumah Makan Mergosari Pangandaran

Rumah makan ini menyajikan beraneka masakan khas Sunda dengan rasa yang lezat. Kamu bisa menikmati menu-menu khas Sunda, seperti pepes gurame hingga sayur asam. 

Harga menunya cukup bervariasi, antara Rp 12.000-35.000. Jam bukanya pukul 09.00-23.00 WIB. 

Jika ingin mencoba, bisa datang langsung ke Rumah Makan Mergosari yang ada di Ruko Grand Pangandaran Nomor 22C, Pananjung, Kecamatan Pangandaran. 


11. Chez Mama Cilacap

Rumah makan Chez Mama bisa menjadi pilihan jika kamu ingin menyantap menu seafood yang lebih modern. 

Di sini kamu bisa memesan olahan seafood dengan cita rasa khas Indonesia ataupun wastern. Tempatnya pun cukup luas, jadi kamu bisa mengajak banyak anggota keluarga. 

Lokasi tepatnya ada di Jalan Kidang Pananjung Nomor 197, Pangandaran. Untuk jam bukanya sendiri, yakni pukul 07.30-23.30 WIB. 

Menurut ulasan di media sosialnya, harga makanan di rumah makan ini cukup terjangkau. Namun tidak disebutkan kisaran harganya. 

Kafe ini menjual beragam menu yang ramah untuk vegetarian dan vegan. Walau begitu ada juga menu makanan biasa, seperti opor ayam dan nasi goreng. 

Harga menunya lebih kurang Rp 15.000-50.000. Kamu bisa datang langsung ke Green Garden Cafe yang ada di Jalan Kidang Pananjung Nomor 116, Pangandaran. 

Namun jam bukanya hanya pada pukul 18.00-24.00 WIB. Harga makanannya sendiri cukup terjangkau, antara Rp 15.000-50.000. 

13. Rumah Makan Bu Sarman 

Rumah makan ini menyajikan beragam olahan seafood dengan aneka saus yang khas. Salah satu menu yang menjadi andalan ialah sambal kerapu pedas dengan saus padang. 

Selain itu ada pula menu lainnya yang tidak kalah enak, seperti kakap bakar dan udang bakar. Satu porsi kakap bakar sekitar satu kilogram diberi harga Rp 150.000. 

Untuk udang bakarnya, sekitar Rp 120.000. Namun harga tersebut bisa berbeda tergantung jenis seafood dan beratnya. 

Rumah Makan Bu Sarman ada di sekitar Pananjung, Pangandaran. Jam buka warunganya setiap pukul 06.00-22.30 WIB. 

Di Warung Dapoer Kampoeng kamu bisa menikmati beragam masakan Indonesia yang lezat. Ada nasi timbel, bebek bengil ubud, dan juga nasi liwet sunda. 

Nasi liwetnya sendiri disajikan langsung menggunakan kastrol. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, antara Rp 15.000-100.000. 

Kamu yang ingin mencoba bisa datang langsung ke Warung Dapoer Kampoeng yang ada di Jalan Cijulang – Green Canyon Nomor 358 Dusun Haurseah Blok Taal, Batukaras, Cijulang, Pangandaran. 

Warung Dapoer Kampoeng buka pukul 10.00-22.00 WIB. Namun biasanya akan ramai pada jam makan siang. 

15. Grand Nanjung Resto

Grand Nanjung Resto menyajiakan beragam menu Asia dengan rasa yang lezat. Menu-menu yang disajikan cukup menarik untuk dicoba. 

Beberapa yang menjadi andalan ialah Kangkung Hotplate, nasi tutug oncom, dan aneka olahan seafood-nya. Harga makannya pun cukup bervariasi, mulai dari Rp 15.000. 

Kamu bisa datang ke Grand Nanjung Resto yang ada di Jalan Pasanggrahan Pantai Barat Nomor 15, Pangandaran untuk mencobanya. 

Grand Nanjung Resto buka pukul 10.00-21.55 WIB. Sebaiknya jangan datang terlalu lama jika tak ingin kehabisan menu yang diincar. 

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

 

 

https://www.kompas.com/food/read/2021/03/14/093200275/15-tempat-makan-enak-di-sekitar-pangandaran-banyak-hidangan-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke