Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Restoran Seafood di Jakarta, Terkenal untuk Wisata Kuliner

KOMPAS.com – Seafood atau boga bahari terkenal sebagai salah satu makanan andalan di Jakarta. Lokasi Jakarta yang berbatasan dengan teluk dan pusat perdagangan membuat seafood di sini beragam dari kualitas sampai rasa. 

Berikut 15 restoran seafood di Jakarta yang cocok untuk wisata kuliner.

Hidangan seafood yang ada di restoran-restoran ini bervariasi, ada masakan Nusantara dan peranakan Ajak pula keluarga untuk makan bersama di restoran ini karena rata-rata porsinya besar. 

1. Bandar Djakarta

Bandar Djakarta merupakan restoran seafood yang sudah dikenal di Jakarta sebagai restoran yang legendaris.

Tempat ini menyajikan aneka seafood yang segar sebab semuanya tersedia dalam keadaan hidup sebelum dimasak, saat ada pesanan ikan dan seafood barulah ditangkap dan diolah.

Makanan terkenal yang disajikan di sini antara lain ada Udang Pancet Jumbo Bakar Keju, Ikan Bawal Bintang Bakar Pandan Wangi yang masing-masing punya rasa lezat.

Harga menu di Bandar Djakarta dihargai mulai dari Rp 25.000. Lokasi Bandar Djakarta yang legendaris ini berada di Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Lodan Timur, Ancol, Jakarta.

2. Pesisir Seafood

Pesisir Seafood mengusung konsep restoran yang menyediakan Indonesian seafood dengan bumbu khas Indonesia.

Restoran yang masih satu grup dengan Bandar Djakarta ini berada di Jalan Meruya Ilir Raya Nomor 9, Kembangan, Jakarta Barat.

Makanan andalan yang patut dicoba di sini mulai dari Gulai Kepiting, Udang Pancet Super Bakar Banjar, Brekecek Ikan Tenggiri, sampai Lobster Saus Kari.

Kisaran harga menunya antara Rp 100.000-an. Suasana restoran ini sangat nyaman untuk tempat berkumpul dengan keluarga, tidak heran tempat ini sering terlihat ramai pengunjung.

Pondok Laguna jadi salah satu restoran seafood di daerah Pecenongan yang ikut meramaikan tempat wisata kuliner di daerah ini.

Pondok Laguna juga menjadi destinasi wajib buat kulineran karena hidangan dari restoran yang sudah ada puluhan tahun ini dikenal enak.

Ada hidangan gurame goreng dan udang bakar yang jadi menu andalan di sini. Semua menu dimasak dengan bumbu khas Indonesia.

Harga menu di tempat ini mulai dari Rp 75.000. Lokasinya berada di Jalan Batu Tulis Raya No. 45-47, Pecenongan.

4. Layar Seafood

Layar Seafood yang berada di Jalan Pesanggarahan Raya Nomor 80, Meruya, Jakarta Barat merupakan cabang dari restoran seafood yang berada di Surabaya.

Restoran ini sangat terkenal di kota asalnya sendiri. Menu-menu seafood di sini terkenal punya rasa yang enak, salah satunya Cumi Goreng Saus Telur Asin.

Ada juga menu Kepiting Saus khas Manado yang tidak kalah enak. Layar Seafood juga punya desain interior bertema Bali yang akan membuat pengunjung merasa nyaman.

Harga menu seafood di restoran Layar Seafood mulai dari Rp 15.000. Kamu bisa mampir ke sini setiap harinya dari pukul 11:00-22:00 WIB.

5. Nelayan Seafood and Restaurant

Nelayan Seafood dan Restaurant sudah ada sejak tahun 1984.

Restoran ini punya dua tempat di Jakarta, yaitu di Jalan Karang Bolong Raya Nomor 08, Ancol, Jakarta Utara dan di Manggala Wanabakti kompleks Departemen Kehutanan, Jakarta Pusat.

Di sini tidak hanya menyediakan hidangan laut saja, ada pula aneka chinese food disediakan untuk tamu.

Kisaran harga menunya mulai dari Rp 75.000. Kamu juga bisa mengadakan acara besar di tempat ini, karena tersedia hall untuk mengadakan event.

6. Rumah Makan Sulawesi

Rumah Makan Sulawesi punya tiga cabang di Jakarta, yaitu Sulawesi Kemang, Mega Kuningan, dan Panglima Polim.

Restoran ini menyediakan aneka menu seafood dan hidangan pelengkap lainnya khas dari Sulawesi dan Indonesia Timur, seperti Sukang Rica-Rica, Kakap Woku, Es Pisang Ijo dan masih banyak lagi.

Tempat ini cocok buat tempat makan bersama orang-orang terdekat atau keluarga dengan suasana restoran yang terkesan hangat dan nyaman.

Menu-menu seafood di sini bisa dinikmati mulai dari harga Rp 20.000. Restoran seafood yang terletak di daerah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat ini buka setiap harinya dari pukul 11:00-21:30 WIB.

7. Rasane Seafood

Rasane Seafood berdiri sejak tahun 2002. Aneka masakan dari kepiting, kerang, udang dan ikan di jual di tempat ini.

Kamu bisa menikmati semua makanan tersebut yang dimasak dengan bumbu khas Indonesia untuk dimakan ditempat atau dibawa pulang.

Kisaran harga menunya sendiri antara Rp 75.000 sampai Rp 200.000. Tempat ini juga menjual aneka ikan segar dan kepiting yang bisa kamu olah sendiri di rumah. Lokasinya berada di Jalan Raya Greenville Blok AS-35, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

8. Aroma Sop Seafood

Restoran seafood di Niaga I Nomor 6, Jalan Muara Karang Raya, Jakarta Utara ini lokasinya agak masuk ke dalam. Namu demikian, pengunjungnya padat. 

Aroma Sop Seafood terkenal dengan seafood segar dan sajian khas Nusantara serta peranakan. Salah satu makanan andalannya adalah Ikan Tim Nyonya.

Porsi makanan di restoran ini terkenal besar, jadi ada baiknya datang bersama keluarga. 

9. Aroma Sedap

Aroma Sedap menyajikan hidangan seafood khas Pare-Pare. Bangunan restoran ini terlihat sederhana dari luar namun kamu akan betah berada di dalamnya karena tempatnya yang bersih dan interiornya cukup artistik.

Kamu akan melihat lukisan penampakan kota Jakarta di dindingnya sebagai hiasan.

Aroma Sedap jadi salah satu restoran seafood yang ada di Jakarta Pusat, yaitu kawasan Menteng Jalan Teuku Cik Ditiro No. 43.

10. Talaga Sampireun

Restoran berkonsep rumah makan tradisional Sunda ini menyediakan menu-menu khas Sunda dan aneka hidangan ikan air tawar dan laut yang lezat.

Sambil menikmati hidangan andalan mereka, kamu bisa pula menikmati pemandangan alam yang dikelilingi kolam ikan dan pepohonan.

Talaga Sampireun punya beberapa outlet, di Bintaro, Ancol dan Puri. Suasana restoran ini sangat pas untuk acara kumpul bersama keluarga.

Mereka menyediakan paket BBQ juga menggunakan seafood yang masih segar. Kisaran harga menu disini mulai dari Rp 75.000 per paket.

Buat yang tinggal di dekat Lebak Bulus, Jakarta Selatan bisa mampir ke sini untuk menikmati hidangan seafood.

Kepiting Asap Cendrawasih terkenal dengan hidangan kepiting, tapi ada juga seafood lain seperti tiram dan ikan.

Semua seafood di sini dimasak jadi beragam masakan Indonesia. Kamu bisa pilih mau makan dengan suasana indoor atau outdoor.

Harga per porsi menu kepitingnya mulai dari Rp 85.000, sepadan dengan rasanya yang enak. Restoran ini buka dari jam 11:00 – 22:00 WIB.

12. Santai Malam 1001

Santai Malam 1001 beralamat di Jalan Boulevard Raya Blok J4 Nomor 1, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara.

Ada menu aneka jenis ikan, udang, kerang dan cumi yang dimasak dengan bermacam-macam saus di sini.

Pilihan sausnya terdiri dari saus padang, saus lada hitam, saus pedas dan saus tiram. Bisa juga request seafood goreng mentega atau kering. Semua menu dihargai mulai Rp 50.000.

13. Wiro Sableng 212 Kelapa Gading

Restoran seaffod terkenal di Jalan Boulevard Raya Nomor 12. Restoran ini terkenal karena porsinya yang besar dan penyajian yang cepat. 

Restoran ini terenal sering ramai saat malam hari dan akhir pekan. 

Mau menikmati kuliner seafood dari Makassar tidak perlu jauh-jauh pergi ke kotanya. Kamu bisa menikmatinya di Jakarta dengan datang ke restoran Dinar Seafood.

Aneka seafood di tempat ini didatangkan langsung dari Makassar, salah satunya Ikan Kudu-Kudu.

Masakannya dimasak dengan bumbu khas Makassar. Kamu bisa datang langsung ke lokasinya di Jalan Pluit Indah Raya 168A.

15. Karimata Restoran

Restoran seafood Karimata berada di Taman Anggrek Indonesia Permai, Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

Karimata merupakan restoran Sunda yang menghidangkan masakan khas Sunda termasuk yang berbahan seafood.

Menu ikan bakar dalam bambu tempat ini wajib dicoba sebagai menu unik khas Karimata Restoran.

Jam operasional Karimata Restoran mulai dari pukul 10:00 WIB. Kamu bisa memesan hidangan seafood khas restoran ini mulai dari harga Rp 60.000.

https://www.kompas.com/food/read/2021/01/05/200700975/15-restoran-seafood-di-jakarta-terkenal-untuk-wisata-kuliner

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke