Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Sajikan Kentang Goreng Biar Lebih Enak, Camilan Simpel

KOMPAS.com - Kentang beku bentuk korek api yang biasa kamu simpan di kulkas bisa menjadi bahan camilan andalan yang mudah dibuat.

Kamu hanya perlu menggoreng kentang hingga matang, dan kentang goreng pun siap disajikan.

Namun, ada cara memasak yang benar dan penambahan topping agar kentang goreng menjadi lebih enak. Dilansir dari Insider, berikut caranya.

1. Pemilihan kentang goreng

Pilih kentang goreng yang memiliki tekstur renyah di luar dan lembut pada bagian dalam. Bentuk kentang juga memengaruhi, pilih yang bergelombang, dengan potongan yang lebih lebar.

Nantinya, bagian kentang yang berkerut akan mempermudah bumbu dan garam menempel.

Panggang kentang di oven selama 30-35 menit, di atas selembar kertas roti agar kentang tidak menempel di loyang.

2. Taburi garam saat kentang keluar dari oven

Gunakan garam yang digiling halus, agar saat ditaburi ke kentang, garam bisa menempel dengan lebih baik. Segera taburi garam, sesaat setelah kentang selesai dipanggang.

3. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah

Selain garam, kamu bisa tambahkan bumbu dan rempah-rempah seperti bubuk bawang putih, garam berbumbu, atau minyak zaitun.

Kamu bisa coba mencampur bawang putih dengan minyak zaitun, lalu oleskan pada kentang, sebelum dipanggang di oven. Kamu juga bisa coba meracik bumbu lain sesuai selera.

4. Beri topping pada kentang goreng

Chef Jose Mendoza dari Great Oak Steakhouse di California mengatakan bahwa tambahan topping dapat mengubah kentang goreng dari lauk menjadi hidangan utama.

Mendoza merekomendasikan agar kentang goreng dimasak dengan kuah sup kental, lalu tambahkan topping keju mozarrella. 

5. Saus pedas dan lelehan keju

Bagi pencinta pedas, kamu bisa menambahkan saus pedas dan irisan cabai yang dilengkapi juga dengan lelehan keju.

Rasa gurih dan renyahnya kentang, ditambah pedas dan asin dari keju, merupakan perpaduan yang nikmat. Kamu bisa tambahkan daging cincang dan juga kacang merah sebagai pelengkap.

6. Saus pedas dan acar

Bahan-bahan yang mengandung asam, bisa membuat rasa dari kentang goreng lebih menonjol. Kamu bisa coba dengan acar yang asam.

"Topping seperti jus jeruk, cuka, saus pedas, dan acar kontras dengan kekayaan kentang goreng yang renyah,’ jelas chef RJ Harvey, direktur kuliner di Potatoes USA.

Jangan banjiri kentang dengan saus, cukup tuang sedikit demi sedikit atau perciki pada kentang. Saus pedas menambahkan rasa yang lembut dan nikmat pada kentang goreng.

Kamu juga akan mendapat rasa asam dari acar, dipadu dengan rasa asin dari garam yang menjadikan kentang goreng terasa makin renyah.

https://www.kompas.com/food/read/2020/11/09/160600575/6-cara-sajikan-kentang-goreng-biar-lebih-enak-camilan-simpel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke