Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tempat Makan Bakso Sekitar Stasiun Kota Malang, Ada yang Jualan Sejak 1965

KOMPAS.com - Berkunjung ke Kota Malang, sempatkan mencicipi bakso khasnya. Banyak tempat menjajakan bakso malang, mulai dari gerobak sampai restoran.

Bakso malang biasanya disajikan secara prasmanan terdiri dari pentol (sebutan untuk bakso) siomay basah, mi kuning atau bihun, tahu putih atau tahu gembos, dan goreng.

Tak lupa diberi irisan daun bawang dan bawang merah goreng, kadang diberi irisan kol mentah.

Kamu dapat mencoba bakso malang di 6 tempat makan berikut. Lokasinya di sekitar Stasiun Malang Kota Baru, jadi turun dari kereta bisa secepatnya menyantap bakso nikmat.

Makan bakso sembari menyaksikan kereta lewat dapat kamu temukan di Bakso President.

Sejak 1977, Bakso President berjualan di pinggir rel kereta api di Kota Malang. Tepatnya Jalan Batanghari No.5, Rampal Celaket, Kec. Klojen.

Lokasi Bakso President tidak jauh dari Stasiun Malang Kota Baru, bisa naik ojek online selama kira-kira 5 menit. Bakso ini buka setiap hari pukul 08.00-21.30 WIB.

Tempat makan bakso legendaris di Kota Malang ini menyajikan aneka pilihan bakso, baik satuan maupun paket. Harganya mulai dari Rp 15.000 per porsi.

2. Bakso Damas

Selanjutnya ada Bakso Damas yang bisa kamu temukan di Jalan Soekarno - Hatta No.75-74, Mojolangu, Kec. Lowokwaru. Biasanya buka pukul 10.00-22.00 WIB.

Lokasi Bakso Damas berada tidak jauh dengan kampus Politeknik Negeri Malang dan Universitas Brawijaya. Bisa naik kendaraan 5-10 menit. Kalau dari Stasiun Malang Kota Baru, harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit.

Bakso Damas sudah berdiri sejak 1993. Berawal dari jualan bakso keliling, kemudian membuka gerai sederhana di Jalan Soekarno-Hatta. 

Masih di jalan yang sama, Bakso Damas kini menempati restoran dengan bangunan dan tempat parkir lebih luas.

Tersedia bakso komplet mulai dari pentol sampai goreng. Harganya mulai dari Rp 3.000 per item.

Bakso Kota Cak Man, salah satu yang legendaris di Kota Malang. Cak Man, panggilan akrab Abdul Rahman Tukiman, berjualan sejak 1980.

Awalnya pemilik Bakso Kota Cak Man ini menjajakan baksonya menggunakan gerobak. Lambat laun, ia memperbesar bisnisnya. Sekarang punya sekitar 100 cabang gerai bakso di seluruh Indonesia.

Kamu dapat menemukan sejumlah outlet Bakso Kota Cak Man di Kota Malang, salah satunya di ruko depan Rumah Sakit Lavalette.

Isian bakso ditata di atas wadah stainless steel, berjajar di dekat kasir. Pengunjung mengambil sendiri isian sesuai selera, lalu staf menuangkan kuah.

Jangan lupa tunjukkan pesanan di kasir untuk dihitung. Harga bakso di Bakso Kota Cak Man sekitar Rp 6.000 per item. 

Salah satu outlet Bakso Kota Cak Man berlokasi di Jalan Jalan WR. Supratman C1 Kav. 13 - 14, Rampal Celaket, Kec. Klojen. Sekitar 5 menit berkendara dari Stasiun Malang Kota Baru.

Outlet Bakso Kota Cak Man biasanya buka tiap pukul 10.30-21.00 WIB.

4. Bakso Gun

Makan bakso dengan cara berbeda? Kamu dapat mencobanya di Bakso Gun. Tiap meja di Bakso Gun dilengkapi kompor, tak lupa lengkap dengan saus dan sambal.

Isian bakso di sini mulai dari pentol, jamur es, sampai sayuran seperti selada. Harganya mulai dari Rp 3.000 per item.

Setelah mengambil isian bakso yang disajikan prasmanan, pengunjung akan disediakan panci berisi kuah bakso di atas kompor. Celupkan atau masak kembali isian bakso, sesuai selera saja.

Bakso Gun berlokasi di Jalan Kawi Atas No.41 A, Bareng, Klojen, Kauman, Kec. Klojen 10.00-21.00 WIB. Tempat ini tidak jauh dari Stasiun Malang Kota Baru, sekitar 5-10 menit berkendara.

Sesuai namanya, bakso solo didirikan oleh orang Solo bernama Suparno sejak 1965.

Awalnya, Suparno berjualan di selatan (kidul) Pasar Besar Kota Malang. Namun, pindah ke Jalan Sartono SH karena ada penertiban PKL.

Lokasi ini tidak jauh dari pasar, sekitar 10 menit jalan kaki. Dari Stasiun Malang Kota Baru kira-kira 5-10 menit berkendara.

Kamu juga bisa menemukan cabang Bakso Solo Kidul Pasar di Jalan A. Yani No.57, Purwodadi, Kec. Blimbing yang buka pukul 12.00-21.00 WIB.

Harga satu porsi bakso kira-kira Rp 18.000. Kalau mau beli satuan, harganya mulai dari Rp 3.000.

6. Bakso Boedjangan Malang

Tempat makan bakso di Kota Malang selanjutnya berlokasi di Jalan Ciliwung No.44, Purwantoro, Kec. Blimbing. Dari Stasiun Malang Kota Baru sekitar 10 menit berkendara.

Bakso Boedjangan menghadirkan menu unik seperti Bakso Wagyu, Bakso Super Mozzarella, dan Bakso Cuanki.

Satu buah bakso dijual mulai dari Rp 4.500. Sementara satu porsi bakso mulai dari Rp 15.500 berisi 5 Bakso Wagyu kecil.

Bakso Boedjangan Malang buka pukul 10.00-22.00 WIB.

https://www.kompas.com/food/read/2020/10/18/101000175/6-tempat-makan-bakso-sekitar-stasiun-kota-malang-ada-yang-jualan-sejak-1965

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke