Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Proses Natural yang Digunakan untuk Pengolahan Biji Kopi Temanggung?

Salah satu proses pengolahan biji kopi adalah natural proses. Proses ini juga dilakukan oleh salah seorang petani kopi asal Dusun Krempong, Temanggung, Andi Widdaya Sofyana, yang memiliki merek dagang Kopi Kampoeng Genting.

Ia pun menjelaskan proses natural yang ia lakukan pada hasil panen kopinya.

1. Petik ceri merah dan dirimbang

“Dari mulai dipetik pilihan warna merah. Dipetik kemudian dirimbang, itu dimasukkan ke dalam air,” kata Andi ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

“Kemudian setelah masuk air, biji yang mengambang itu diambil karena kalau mengambang itu biji yang kurang bagus,” sambung dia.

Andi mengambil biji-biji kopi yang tenggelam karena punya kualitas yang lebih baik. Biji yang mengambang tak lantas dibuang, tapi dipisahkan dan dijual sebagai kualitas yang berbeda.

2. Jemur biji kopi

Setelah dirimbang, biji kemudian diangkat dan ditiriskan. Setelah itu jemur dengan cahaya matahari.

Ada beberapa alas yang biasa digunakan Andi. Terkadang hanya menggunakan terpal saja, atau bisa juga bambu yang dianyam, atau kotak yang berlubang di bagian bawah.

“Malam hari harus ditutup semuanya jangan sampai kena embun. Hujan juga ditutup karena air akan meresap ke dalam. (Penjemuran) itu 10-12 hari, kadang bisa 1 bulan. Kalau saya pakai kotak plastik itu bisa sampai 1 bulan tapi itu harga paling mahal,” jelas Andi.

3. Kupas kulitnya

Setelah dijemur, biji yang sudah kering kemudian dikelupaskan kulitnya. Biji yang sudah kering tandanya akan mengeluarkan suara renyah ketika digilas dan dikelupas kulitnya.

“Green bean punya saya warnanya agak kecokelatan. Itu yang membedakan kalau natural proses, tampilannya bagus banget,”

4. Biji diseleksi

“Setelah jadi biji itu dipisah, kan ada kulit kopinya. Kalau ada biji yang pecah, warna hitam, itu harus dipisah. Namanya sortasi. Biji harus di-screening dulu, untuk menyamakan ukuran biji,” terang Andi.

Biji dipisahkan sesuai ukuran. Setelah itu biji dipilih lagi secara manual menggunakan tangan. Biji yang kurang bagus, pecah, dan berlubah disisihkan. Biji kopi yang dipilih untuk dipasarkan ke kafe misalnya, adalah yang benar-benar berkualitas.

https://www.kompas.com/food/read/2020/09/10/150300575/apa-itu-proses-natural-yang-digunakan-untuk-pengolahan-biji-kopi-temanggung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke