Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Bikin Frozen Food, Bisa buat Jualan Online

Bedanya, makanan tak melalui proses pemasakan lebih dahulu alias langsung dibekukan dalam keadaan mentah atau setelah selesai diracik.

Anis Kurniawan, Executive Pastry Chef Hotel Ciputra Jakarta mencontohkan Apple Pie Non-Oven kreasinya yang bisa dijual kembali dalam bentuk frozen.

“Setelah jadi, langsung simpan di wadah kedap udara. Kalau mau dijual bisa saja masukkan ke plastik untuk di-vacuum,” kata Anis ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/7/2020).

Untuk Apple Pie Non-Oven, setelah isian pai matang dinginkan selama beberapa saat. Baru bungkus dengan kulit pai yang sudah siap. Setelah itu rapatkan kulit pai, dan langsung kemas apple pie di dalam wadah kedap udara.

Untuk memastikan wadah benar-benar kedap udara, lapisi lagi dengan plastic wrap di sekeliling wadah. Setelah itu, langsung masukkan kemasan makanan ke dalam freezer.

“Karena kalau di freezer semua bakteri itu di bawah suhu minus 18-19 derajat akan ‘tertidur’,” ujar Anis.

“Jangan digoreng setengah matang. Kan dia sudah ada minyak nanti malah bau tengik. Jadi memang bagusnya (dikemas) mentah,” lanjutnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk frozen food lainnya. Seperti risoles mayo, cireng, combro, kebab, lumpia, dimsum, dan lain-lain. Saat ini hampir semua jenis makanan bisa dikemas dan dijual dalam bentuk frozen.

Selain itu sebelum dikemas, pastikan dahulu makanan sudah dalam suhu ruangan atau tidak lagi mengeluarkan uap panas.

Misalnya, jika ingin mengemas risoles isi sayuran dengan isian sayuran yang sudah ditumis sebelumnya pastikan tumisan sayuran sudah dalam suhu ruang.

Pasalnya jika makanan dalam kondisi panas langsung dikemas dalam wadah tertutup yang akhirnya membuat makanan jadi berair dan kondisinya tak lagi baik.

Karena dibuat di rumah dan tidak menggunakan bahan pengawet, Chef Anis menyarankan agar frozen food seperti Apple Pie Non-Oven disimpan tak lebih dari dua minggu di dalam freezer agar tetap dalam kondisi maksimal.

“Kalau kelamaan takutnya dia basah, giliran digoreng malah kulitnya enggak krispi,” pungkasnya.

https://www.kompas.com/food/read/2020/07/11/220200375/cara-bikin-frozen-food-bisa-buat-jualan-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke