Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Formasi CASN Talenta Digital Diprioritaskan untuk "Fresh Graduate"

Kompas.com - 18/03/2024, 13:22 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menegaskan pemerintah memberikan prioritas formasi untuk fresh graduate di Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024.

Anas mengatakan, pemerintah menyiapkan posisi ASN talenta digital untuk kalangan fresh graduate yang akan menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik.

Arah kebijakan rekrutmen ASN talenta digital, kata Anas, didesain untuk berdampak pada akselerasi ekonomi lokal dan nasional, mulai digitalisasi sektor pertanian, perindustrian, pariwisata, produksi UMKM, perdagangan, dan sebagainya.

Baca juga: Rekrutmen 2,3 Juta CASN pada 2024, Pemerintah Cari Talenta Digital

"Sehingga talenta digital yang akan direkrut bukan hanya pada sektor 'hilir', seperti digital marketing, tetapi juga di sektor 'hulu' di lini produksi, seperti pertanian dengan e-farming untuk melipatgandakan nilai tambah ekonomi lokal dan nasional," kata Anas dikutip dari laman resmi KemenPAN-RB, Jumat (15/3/2024).

Anas kemudian mencontohkan maksud dari talenta digital itu, misalnya pada daerah basis pertanian, pemerintah akan merekrut ASN talenta digitalisasi sektor pertanian untuk membantu para petani lokal.

Sementara di daerah basis industri kecil, pemerintah merekrut ASN talenta digital untuk membantu mewujudkan smart factory dan meningkatkan efisiensi industri-industri kecil setempat.

Selain talenta digital, Menteri Anas juga menyampaikan prioritas pemenuhan sumber daya manusia (SDM) di bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan pemenuhan SDM untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga: Kominfo x DQLab Gelar Kurus Gratis Data Science for Beginner, Segera Daftar

SDM APIP yang dapat direkrut oleh instansi pemerintah antara lain auditor dan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD).

"Karena hampir di seluruh daerah sekarang kekurangan auditor, oleh karena itu kami minta auditor dipersiapkan di formasi dengan baik," ujarnya.

Anas melanjutkan, instansi pemerintah, baik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, juga dapat memanfaatkan ketersediaan formasi dengan mengusulkan untuk penyiapan SDM ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Dengan demikian, usulan formasi mampu memenuhi proyeksi kebutuhan nasional," jelas dia.

Adapun KemenPAN-RB telah menerima usulan kebutuhan ASN dari berbagai instansi pusat dan daerah sebesar 1,38 juta.

Namun, pada tahun 2024 ini formasinya sudah ditetapkan sebanyak 1,28 juta untuk memenuhi kebutuhan ASN nasional sebesar 2,3 juta secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com