Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Ajudan Ridwan Kamil Lulus di UB dengan IPK 3,93

Kompas.com - 13/03/2024, 16:15 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Mantan ajudan milenial Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada tahun 2022, Atla Tegar Habib Amrullah lulus kuliah di Universitas Brawijaya (UB) dengan predikat pujian.

Predikat pujian itu digapainya karena bisa menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun dengan IPK nyaris sempurna, yakni 3,93.

Baca juga: Cerita Irfan, Lulus S1 dari Unpad Selama 3,5 Tahun dengan IPK 3,98

Dia mengaku, banyak aktivitas yang dilakukan semasa duduk di bangku kuliah.

Namun, kegiatan itu tidak mengganggu jam kuliahnya. Karena, dia bertanggung jawab dengan akademiknya.

Menurutnya, kunci sukses kuliah yang selama ini dijalankannya adalah membuat timeline besar dalam kehidupan akademik yang dimulai per semester sampai lulus.

"Misalnya saja semester 1-5 itu kuliah, organisasi, dan lomba. Lalu, semester 6-7 itu kuliah dan lanjut fokus skripsi, saja agar lulus tepat waktu," ucap dia dikutip dari laman UB, Rabu (13/3/2024).

Untuk pembagian waktunya, dia membuat master plan dari semester 1-7.

Kemudian, dia membagi skala prioritas dari tiap semester dengan komitmen dan konsisten dalam menjalani apa yang sudah direncanakan.

"Setiap bulan/minggu membuat jadwal kegiatan yang terperinci baik untuk kegiatan organisasi, akademik, lomba atau magang saat liburan," jelas dia.

Baca juga: 8 Sekolah Kedinasan Kemenhub yang Sepi Peminat, buat Daftar 2024

Banyak kegiatan bidang non-akademik yang dijalankan semasa kuliah

Dia menegaskan, dirinya juga menjalankan kegiataan di bidang non-akademik semasa kuliah. Kegiatan itu, bilang dia, memberikan banyak pengetahuan.

Dia mencontohkan, saat menjadi ajudan milenial Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan ikut dalam KTT Internasional untuk membantu pelaksanaan G20 Presidency Indonesia for Parliament 20 di DPR RI.

"Selain prestasi yang didapatkan, saya juga memperoleh kesan menjadi seorang ajudan milenial Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Saya bisa belajar mengelola dan memimpin birokrasi, mengatasi masalah daerah, dan belajar kepemimpinan dengan tokoh nasional," sebut dia.

Baca juga: Kisah Kobalen, Pernah Jadi Pemulung hingga Lulus S3 di UB dengan IPK 3,89

"Walaupun banyak kegiatan saat kuliah, saya sempat tiga semester berturut-turut memperoleh IPK 4,00. Itu saya lakukan dengan semangat saat kuliah di UB," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com