Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Buka Kuota 10.372 Mahasiswa Baru pada Tahun Ajaran 2024/2025

Kompas.com - 15/01/2024, 21:28 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Gandes Retno Rahayu mengaku akan membuka kuota 10.372 mahasiswa baru pada tahun 2024.

Angka itu diperoleh 30 persen dari SNBP, 30 persen dari SNBT, dan 40 persen dari jalur ujian mandiri.

Baca juga: 20 Jurusan UGM dengan Daya Tampung Terbanyak pada SNBP 2024

"Sehingga yang akan diterima dari jalur SNBP 2.821, SNBT 2.821, UM 3.720, dan IUP 1.010," kata dia dilansir dari laman UGM, Senin (15/1/2024).

Dia menegaskan, UGM tidak akan memprioritaskan satu kota saja pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2024.

"Kita ingin mencapai keberagaman di UGM, sehingga tidak ada tujuan untuk (memprioritaskan) satu kota saja," ucap dia.

Secara umum, seleksi nasional terdiri dari SNBP dan SNBT. Sedangkan seleksi mandiri menjadi program reguler dan International Undergraduate Program (IUP).

Bagi program reguler, jalur seleksi yang bisa diikuti adalah seleksi mandiri berdasarkan prestasi atau disebut Penelusuran Bibit Unggul (PBU), dan berbasis tes atau UM UGM Computer Based Test (CBT).

Untuk ujian mandiri UGM PBU secara umum ada tiga kategori. Pertama, bibit unggul karena kompetensinya bagus tapi berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi.

Kedua adalah karena memiliki prestasi yang unggul, baik dari prestasi bersifat IPTEK ataupun minat dan bakat.

"Selain itu kita juga tahu bahwa ada kandidat unggul yang berasal dari daerah yang perlu diafirmasi, seperti daerah 3T dan daerah di mana UGM memiliki mitra dalam menerapkan tri dharma perguruan tinggi. Jalur seleksi ini khusus untuk mencari insan-insan berprestasi dari seluruh pelosok negeri," jelas dia.

Baca juga: Daya Tampung 93 Jurusan Milik UGM pada SNBP 2024

Selain jalur reguler, UGM juga membuka kelas internasional atau IUP dalam tiga gelombang. Proses seleksi IUP cukup berbeda dengan reguler, karena setiap fakultas memiliki materinya masing-masing.

Calon mahasiswa tidak hanya akan diuji kemampuan bahasa Inggris saja, tapi juga kognitif, potensi akademik, menulis essay, dan leadership group discussion. Setidaknya ada 26 program studi dari 11 fakultas yang membuka kelas IUP ini.

Baca juga: UGM Luluskan Doktor Bidang Ilmu Ketahanan Nasional di Indonesia

"Saat ini, calon mahasiswa sudah dapat mulai mengikuti proses seleksi nasional, yaitu SNBP hingga bulan Maret 2024. Kemudian disusul dengan SNBT pada bulan April, dan pelaksanaan UM UGM yang akan segera diinformasikan," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com