Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Luluskan Doktor Bidang Ilmu Ketahanan Nasional di Indonesia

Kompas.com - 12/01/2024, 15:16 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) meluluskan program doktor di program studi (Prodi) Ilmu Ketahanan Nasional pertama di Indonesia pada 22 Desember 2023.

UGM adalah perguruan tinggi pertama yang membuat prodi Ilmu Ketahanan Nasional di Indonesia.

Baca juga: Pengamat UGM: Indonesia Kekurangan Petani Muda

Doktor pertama di bidang ketahanan nasional itu bernama Erlan Wijatmoko. Dia merupakan mahasiswa program Doktor Ilmu Ketahanan Nasional angkatan 2020 dengan beasiswa dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI.

"Tak hanya menjadi lulusan doktor pertama prodi Ketahanan Nasional UGM, tetapi juga menjadi doktor Ilmu Ketahanan Nasional pertama di Indonesia," ucap Ketua Prodi Ilmu Ketahanan Nasional UGM, Armaidy Armawi dilansir dari laman resmi UGM, Jumat (12/1/2024).

Armawi mengatakan, Erlan menyelesaikan program doktornya dalam waktu 2 tahun 10 bulan dan mengangkat disertasi tentang efektivitas undang-undang (UU) pemerintah Aceh dalam pembangunan daerah.

Disertasi itu menyampaikan tentang UU Pemerintah Aceh yang dinilai belum efektif menjadi pedoman kebijakan pembangunan daerah, terutama dalam memperkuat ketahanan ekonomi Aceh Utara.

Baca juga: 4 Jalur Masuk UGM 2024 buat Lulusan SMA, MA, SMK, dan Paket C

Hal ini disebabkan oleh rendahnya peran dan karakter elite politik baru dalam menjalankan UU Pemerintahan Aceh melalui kebijakan yang tepat.


Kemudian menerangkan hukum dari isi UU Pemerintah Aceh terhadap peraturan nasional lainnya, dan minimalnya peran masyarakat dalam memberikan masukan positif terhadap kebijakan pemerintah daerah.

Armawi berharap Erlan dapat memberikan kontribusi positif saat kembali ke instansi kerja sebagai TNI AD yang bertugas di Kodam Iskandar Muda, Aceh.

Baca juga: UGM Raih Skor SINTA Tertinggi di Indonesia

Selain itu, dapat juga menyebarkan ilmu pengetahuan untuk memajukan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

Adapun disertasi Erlan telah berhasil dipublikasikan di Jurnal Internasional Terindeks Scopus yakni Journal Sustainability (MDPI) – Scopus Q1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com