Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Cara agar Resolusi 2024 Berhasil Dilakukan ala Dosen UMM

Kompas.com - 06/01/2024, 14:14 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di awal tahun 2024 perlu semangat baru bagi banyak individu untuk merancang banyak hal baik. Termasuk bagi mahasiswa maupun pelajar.

Namun tak jarang resolusi tahun baru yang sudah dibuat hanya menjadi daftar semata yang tidak berhasil direalisasikan.

Melihat hal ini, psikolog dan dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr. Zainul Anwar menyampaikan, untuk mewujudkan semua daftar resolusi, seseorang perlu memastikan bahwa langkah yang akan diambil terarah.

Planning yang dibuat harus lebih realistis, konkrit dan terarah agar hasilnya sesuai tujuan. Jadi bukna hanya menetapkan target, tapi juga langkah-langkah untuk menggapainya,” katanya, dilansir dari laman UMM, Sabtu (6/1/2024).

Baca juga: 3 Beasiswa D3 Sinar Mas 2024 bagi Siswa SMA-SMK, Kuliah Gratis

Zainul mengatakan, sebelum membuat resolusi, seseorang dapat memulai untuk melakukan intropeksi diri di masa lalu.

Hal ini penting dilakukan sebagai proses pembelajaran. Bukan untuk mengingat-ingat hal yang menyedihkan, tapi sebagai pengalaman hidup bagi rencana berikutnya.

“Hal yang berhasil agar menjadi motivasi dan yang gagal bisa menjadi evaluasi diri untuk jadi lebih baik lagi,” tambahnya.

Menurut dia, untuk membuat resolusi berhasil, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Pertama, mengumpulkan rasa syukur atas berbagai nikmat yang diterima. Ini menjadi poin di mana diri mendapatkan suntikan energi positif.

 Baca juga: UMM Kukuhkan 2 Guru Besar, Salah Satunya Joko Widodo

Seseorang akan bersyukur jika ia selalu memandang suatu hal dengan positif. Sebaliknya, seseorang akan selalu mengeluh jika memandang sesuatu dengan negatif.

Kedua, perlu membuat skala prioritas yang ingin dicapai selama setahun ke depan. Misalnya ingin lulus di 2024, menikah, dan membeli rumah.

"Skala prioritas menjadi sangat penting karena hal yang kecil akan selalu mengikuti. Analoginya ibarat kita memasukkan banyak barang ke dalam gelas, maka yang harus dimasukkan adalah yang besar terlebih dahulu. Dengan demikian, yang kecil akan mengikuti dan menjadi terpenuhi," urai dia.

Ketiga, menuliskan apa yang menjadi keinginan atau target agar selalu ingat dan memikirkannya. Perlu diketahui bahwa pola kerja pikiran itu seperti magnet, yakni apapun yang selalu kita ingat dan pikirkan akan mendekat ke diri kita.

Cara yang keempat adalah menjalin relasi yang berkaitan dengan resolusi diri. Misalkan ingin lulus, maka carilah lingkungan yang juga memiliki niatan lulus tepat waktu. Ini penting untuk menciptakan iklim yang baik,” tambahnya.

Poin kelima, restu orangtua dan doa. Keberadaan doa akan mengurangi rasa kecewa saat hal yang diinginkan belum tercapai. Doa juga dapat menguatkan mental dan spiritual.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com