Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisi-kisi Pertanyaan Tes Substansi LPDP, Persiapan Daftar LPDP 2024

Kompas.com - 07/12/2023, 17:00 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tes substansi LPDP adalah salah satu tahapan seleksi yang harus dihadapi oleh calon penerima beasiswa LPDP. Tes ini bertujuan untuk menguji kemampuan akademik, potensi kepemimpinan, dan komitmen kontribusi bagi Indonesia dari para peserta. 

Dalam tes substansi ini, calon penerima beasiswa LPDP akan dihadapkan dengan 3 pewawancara yang merupakan akademisi, praktisi, dan psikolog.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada saat tahap ini berkaitan erat dengan apa yang ditulis dalam CV, esai, proposal penelitian, atau proposal bisnis. 

Baca juga: LPDP 2024 Dibuka Awal Tahun, Simak Dokumen yang Perlu Disiapkan

Proses wawancara ini juga bisa berlangsung baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, tergantung pewawancara nanti. Adapun, pertanyaan wawancara akan menggali tentang latar belakang diri, esai, dan kepribadian. 

Dilansir dari Instagram LPDP Kementerian Keuangan RI, Kamis (7/12/2023), berikut ini beberapa detail bocoran pertanyaan yang akan ditanyakan pada tes substansi. 

Latar belakang diri

Pertanyaan-pertanyaan pada poin ini akan berfokus menggali latar belakang diri pelamar yang telah dituliskan di CV. Berikut ini beberapa poin bocoran pertanyaannya:

  • Perkenalan diri
  • Alasan memilih melanjutkan studi daripada mengembangkan karier
  • Aktivitas yang pernah dijalankan pada studi atau pekerjaan sebelumnya

Baca juga: Cek Minimal Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024

Esai

Pewawancara akan berfokus untuk mengetahui rencana studi atau rencana pengabdian yang telah di tuliskan pelamar pada esai mereka. Berikut ini beberapa poin bocoran pertanyaannya:

  • Kebermanfaatan studi untuk masyarakat Indonesia
  • Pandangan mengenai rencana kontribusi atau pengabdian pada Indonesia

Kepribadian

Pewawancara ingin mengenal lebih jauh pola pikir atau pandangan pelamar berdasarkan pengalaman yang telah dilalui. Berikut ini beberapa poin bocoran pertanyaannya:

  • Analisis kelebihan dan kekurangan diri
  • Pengalaman dalam menghadapi situasi sulit
  • Hal yang membedakan pelamar dengan kandidat lain

Baca juga: Cerita Nurul, Lolos Beasiswa LPDP Luar Negeri Setelah Gagal 13 Kali

Untuk mempersiapkan diri menghadapi tes substansi LPDP, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para peserta, antara lain:

1. Mempelajari kembali materi-materi dasar yang berkaitan dengan bidang studi yang dipilih, seperti matematika, statistika, ekonomi, hukum, sosial, budaya, politik, teknologi, dan lain-lain.

2. Membaca dan memahami isu-isu terkini yang relevan dengan bidang studi, baik di dalam maupun di luar negeri, serta mengetahui sudut pandang dan argumen dari berbagai pihak yang terlibat.

Baca juga: Deretan Kampus Dalam Negeri Tujuan Beasiswa LPDP, Kuliah S2-S3 Gratis

3.Menyusun rencana studi yang jelas dan logis, termasuk tujuan, manfaat, metodologi, luaran, dan pengembalian beasiswa LPDP.

4. Menyiapkan dokumen-dokumen pendukung, seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat TOEFL, surat rekomendasi, surat penerimaan, dan lain-lain.

Baca juga: Tips Menulis Esai LPDP yang Menarik, Persiapan Daftar LPDP 2024

5. Berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dalam tes substansi LPDP, baik secara tertulis maupun lisan, dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta memberikan contoh-contoh konkret dan relevan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com