Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Perguruan Tinggi Terbaik di Jawa Timur Menurut QS AUR 2024

Kompas.com - 13/11/2023, 18:25 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Provinsi Jawa Timur (Jatim) merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas.

Dalam mengetahui kualitas perguruan tinggi, maka harus dilakukan pemeringkatan oleh lembaga pemeringkat.

Salah satu lembaga pemeringkat, yakni Quacquarelli Symonds (QS) yang belum lama ini telah merilis kampus terbaik di dunia maupun Indonesia versi QS Asia University Rangkings (QS AUR) 2024 pada Rabu (8/11/2023).

Untuk memberikan peringkat, QS AUR 2023 menerapkan 11 indikator, yakni reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, kutipan per makalah, makalah per fakultas, rasio mahasiswa fakultas, jaringan penelitian internasional, fakultas internasional, mahasiswa internasional, mahasiswa pertukaran inbound, mahasiswa pertukaran outbond, dan staf dengan gelar PhD.

Baca juga: 10 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2024, Ada Incaranmu?

Pada pemeringkatan QS AUR 2024, ada 42 perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang bisa menjadi acuan calon mahasiswa pada 2024.

Dari total itu, ada 9 perguruan tinggi terbaik yang ada di Jawa Timur. Apa saja perguruan tinggi tersebut? Berikut daftarnya yang bisa dipilih mahasiswa pada tahun 2024.

1. Universitas Airlangga (Unair)

Unair meraih skor total 53,1 dan menduduki peringkat ke-67 di Asia dan ke-4 di Indonesia. Kampus ini menjadi satu perguruan tinggi tertua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1954.

Kampus yang terletak di Surabaya ini memiliki 58 program studi sarjana serta 116 program pascasarjana.

Unair menawarkan berbagai program studi di bidang kesehatan, sosial, humaniora, teknik, dan sains.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS meraih skor total 36,3 dan menduduki peringkat ke-128 di Asia dan ke-6 di Indonesia.

ITS merupakan kampus yang berfokus pada bidang teknologi dan sains. ITS memiliki 7 fakultas yang mencakup 33 program sarjana, 6 program vokasi, 20 program magister, 15 program doktor, dan 20 program sarjana internasional.

Baca juga: Western Sydney University Buka Kampus di Indonesia, Cek Jurusan dan Biaya Kuliah

3. Universitas Brawijaya (UB)

UB meraih skor total 26 dan menduduki peringkat ke-208 di Asia dan ke-9 di Indonesia. UB merupakan kampus yang berdiri sejak tahun 1963 dan memiliki visi menjadi universitas berkelas dunia.

Kampus UB menawarkan berbagai program studi di bidang pertanian, kedokteran, hukum, ekonomi, ilmu komputer, dan lain-lain dari jenjang diploma hingga pascasarjana.

4. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang meraih skor yang tidak diumumkan dan menduduki peringkat antara 651-700 di Asia dan ke-22 di Indonesia.

UM merupakan kampus yang berawal dari institut pendidikan guru pada tahun 1954. UM memiliki 27 program sarjana serta 17 program pascasarjana.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com