Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Edufair 2023" SMA Citra Kasih Jakarta Dukung Siswa Persiapkan Masa Depan

Kompas.com - 08/11/2023, 14:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - SMA Citra Kasih Jakarta menggelar Education Fair atau Edufair 2023 dengan mengangkat tema "Discover Your Future" pada 26-27 Oktober 2023. Kegiatan ini bertujuan membantu siswa SMA Citra Kasih dalam memilih dan menemukan lanjutan pendidikan tinggi.

Pameran pendidikan diikuti puluhan kampus dalam dan luar negeri, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS), di antaranya; Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjajaran (Unpad), dan Universitas Brawijaya (UB). 

"Kegiatan ini menjadi salah satu jawaban atas kendala yang dihadapi para siswa dalam memilih jurusan kuliah yang relevan dengan minat dan bakat masing-masing siswa," ungkap Agustinus Bayu Prasetyo, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum melalui rilis resmi (8/11/2023).

"Dalam rangkaian kegiatan ini, seluruh siswa SMA Citra Kasih Jakarta dan masyarakat umum dapat menggali informasi seluas-luasnya tentang perguruan tinggi negeri atau swasta dalam maupun luar negeri serta berbagai konsultan pendidikan yang memiliki reputasi baik di bidangnya," jelas Agustinus Bayu Prasetyo.

Ia menyampaikan, edufair ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap tahun serta melibatkan banyak kampus PTN dan PTS yang menjadi salah satu bukti nyata hubungan dan jalinan kerjasama SMA Citra Kasih Jakarta dengan pihak kampus.

"Tentunya bertujuan untuk terus mendorong siswa/i kami menentukan masa depan yang mereka inginkan,” pungkasnya.

Pengawas Sekolah Suku Dinas Jakarta Barat I, Listiyanto memberikan apresiasi positif atas penyelenggaraan Edufair 2023 SMA Citra Kasih Jakarta ini.

“Kegiatan ini menjadi wadah yang sangat baik untuk menentukan masa depan kalian, silakan menggali informasi sebanyak-banyaknya dan bertanya apabila ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa," ujar Listiyanto.

"Sekolah ini memberikan kesempatan yang sangat baik untuk menentukan pilihan masa depan kalian masing-masing, maksimalkanlah kesempatan ini," tambahnya.

Hal senada disampaikan Mellisa Shovelin Sahetapy, Ketua Edufair SMA Citra Kasih.

"Edufair ini menjadi bukti konkret dan komitmen SMA Citra Kasih Jakarta dalam memberikan informasi yang komprehensif bagi seluruh siswanya agar dapat menentukan masa depan yang lebih baik," jelas Mellisa.

Mellisa menyampaikan, sekolah menjadi wadah memberikan informasi jelas dan pertimbangan-pertimbangan yang diperlukan siswa untuk mengambil keputusan penting dalam memutuskan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Baca juga: Pameran Pendidikan Australia 2023 Fasilitasi Pelajar Lanjut Kuliah di Sydney

"Informasi yang komprehensif dan terbaru diperlukan untuk mengambil keputusan yang tepat. Pemberi informasi maupun penerima informasi juga membutuhkan pertemuan agar terjadi proses pertukaran informasi yang jelas dan tepat sasaran,” ujar Mellisa.

Selain pameran pendidikan, dalam kegiatan ini juga diselenggarakan seminar pendidikan dan gelar wicara “Kiat Masuk PTN” yang diadakan bagi orangtua murid serta masyarakat yang memberikan gambaran berbagai pilihan kampus dan strategi masuk perguruan tinggi negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com