Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UTBK 2024 Bulan Apa? Siswa Kelas 12 Wajib Tahu

Kompas.com - 25/09/2023, 17:06 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 yang tahun depan bertekad mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2024 perlu tahu jadwal pelaksanaannya.

Meski panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru belum mengumumkan resmi, namun jika mengacu pelaksanaan UTBK 2023, maka tahap awal UTBK 2024 diperkirakan dilaksanakan Februari 2024.

Baca juga: Indocement Buka Lowongan Management Trainee bagi S1/S2, Ini Syaratnya

Sebelumnya kamu perlu tahu bahwa UTBK ini merupakan satu rangkaian dengan pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Tidak hanya bisa mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN), saat kamu ikut UTBK 2024, skor yang kamu peroleh juga bisa digunakan untuk mendaftar perguruan tinggi swasta (PTS) maupun untuk mendaftar PKN STAN, sekolah kedinasan milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Perkiraan pelaksanaan UTBK 2024

UTBK SNBT 2024 merupakan jalur masuk kedua yang dibuka untuk masuk ke PTN. Jalur pertama yang dibuka adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Jika mengetahui perkiraan pelaksanaan UTBK 2024, kamu bisa melakukan persiapan mulai dari sekarang. Khususnya soal materi tes yang diujikan di UTBK 2024.

Mengacu pada pelaksanaan UTBK 2023, berikut perkiraan pelaksanaan UTBK 2024.

UTBK SNBT diawali dengan pembuatan akun atau registrasi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang dibuka pada pertengahan Februari hingga awal Maret.

Baca juga: Deretan Jurusan Sepi Peminat UI, Acuan Daftar UTBK 2024

Setelah para siswa melakukan registrasi akun SNPMB, pendaftaran UTBK SNBT bisa dilaksanakan pada pertengahan Maret hingga pertengahan April 2024.

Seperti pelaksanaan UTBK tahun-tahun sebelumnya, ujian akan dibagi menjadi dua gelombang UTBK.

UTBK gelombang I dilaksanakan minggu pertama dan kedua bulan Mei 2024. Sedangkan UTBK gelombang II dilaksanakan pada minggu ketiga dan keempat Mei 2024.

Selanjutnya pengumuman dilaksanakan pada pertengahan Juni 2024.

Siswa yang sudah mengikuti UTBK 2024 juga wajib mengunduh sertifikat UTBK sebagai tanda bukti telah mengikuti ujian tersebut.

Baca juga: Sibuk Jadi Asdos dan Pelatih Bulu Tangkis, Labib Lulus S2 IPK 4,00

Demikian informasi mengenai perkiraan pelaksanaan UTBK 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com