Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kegiatan bagi Siswa Gap Year, Bisa Persiapan Ikut UTBK

Kompas.com - 19/09/2023, 10:41 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

Sumber Aku Pintar

KOMPAS.com - Lulusan tahun 2023 yang tidak langsung lanjut kuliah masih bisa kuliah tahun 2023.

Siswa yang sudah lulus namun menunda untuk kuliah ini disebut juga dengan siswa gap year. Biasanya ada berbagai alasan siswa gap year menunda kuliah. Seperti kendala biaya hingga belum berhasil masuk jurusan atau perguruan tinggi negeri idamannya.

Karena waktu luang siswa gap year lebih banyak, ada berbagai kegiatan positif yang bisa kamu manfaatkan.

Berbagai kegiatan positif yang dilakukan selama kamu menunggu penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi tahun 2024, juga bisa menambah pengalaman dan "mempercantik" Curriculum Vitae (CV) juga.

Baca juga: Apakah Siswa Gap Year Bisa Daftar KIP Kuliah 2023? Cek Infonya

Kegiatan yang bisa dilakukan siswa gap year

Dilansir dari laman Aku Pintar, Selasa (19/9/2023) berikut berbagai kegiatan yang bisa dilakukan siswa gap year sembari menunggu pembukaan penerimaan mahasiswa baru tahun 2024.

1. Belajar hal baru yang menarik minatmu

Karena siswa gap year tidak terikat waktu di sekolah, tentu waktu luang kamu lebih banyak. Kamu bisa belajar banyak hal baru yang sesuai dengan bakat dan minat kamu.

Kamu bisa mulai dengan satu hal yang selama ini sebenarnya ingin dicoba tapi tidak sempat karena terkendala jadwal sekolah. Kamu bisa belajar coding, desain grafis, atau yang lain.

Ada berbagai skills yang sedang dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Seperti video editing atau digital marketing. Kamu bisa memanfaatkan waktu gap year kuliah untuk belajar skills yang mungkin mendukungmu saat berada di dunia kerja kelak.

2. Kerja freelance atau part time

Siswa gap year juga mengisi waktu dengan bekerja. Selain bisa menghasilkan uang sendiri, dengan bekerja juga  bisa menambah pengalamanmu. Dengan bekerja juga memberimu kesempatan untuk belajar sambil melakukan sesuatu dan memperoleh keterampilan baru.

Siswa gap year yang memilih bekerja, bisa menjadi tambahan poin pengalaman kerja di resume atau curriculum vitae (CV) kamu.

3. Mendalami dan mengembangkan hobi

Tentu kamu punya hobi atau hal yang kamu sukai. Untuk mengisi waktu, kamu bisa mendalami hobi kamu itu. Saat ini juga banyak yang dari hobi berpotensi mendatangkan pemasukan.

Misalnya kamu hobi membuat kue, kamu bisa mengembangkan lagi hobimu membuat kue dan mencoba menjualnya. Selain menyalurkan hobi, kamu juga berpotensi mendapatkan pendapatan tambahan.

Baca juga: Apa Itu Jalur RPL? Ini Manfaat dan Kelebihannya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com