Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurusan Kedokteran Kelas Internasional UI: Ini Biaya dan 3 Gelar yang Didapat

Kompas.com - 19/09/2023, 08:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah universitas ternama di Indonesia menyediakan kelas internasional yang dibuka tiap penerimaan mahasiswa baru.

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di Jurusan Kedokteran kelas internasional, program Kelas Khusus Internasional (KKI) Universitas Indonesia (UI) bisa jadi pilihan.

Jurusan Kedokteran KKI Universitas Indonesia dirancang untuk mencetak dokter yang mampu berkompetisi dengan lulusan dari negara lain dan memiliki kompetensi berstandar internasional.

Lulusan Kedokteran KKI Universitas Indonesia juga ditargetkan mampu melanjutkan pendidikan pascasarjana di institusi pendidikan kedokteran berskala internasional.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran di 15 PTS: UII, Trisakti, Untar, dan UPH

Raih 3 gelar sekaligus

Dengan menggunakan kurikulum berskala internasional, mahasiswa didorong untuk mengembangkan cara belajar dan mengembangkan ilmu dan keterampilan klinis melalui berbagai sumber akademik.

Dilansir dari laman Universitas Indonesia, Senin (18/9/2023) strategi yang diterapkan dalam Program KKI adalah melibatkan kolaborasi internasional dengan University of Melbourne, Monash University, dan University of Newcastle Upon Tyne.

Program KKI di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) memiliki nilai tambah double degree. Lulusan Jurusan Kedokteran kelas internasional UI akan memperoleh gelar sebagai berikut:

  • Sarjana Kedokteran (S.Ked) dari Universitas Indonesia
  • Bachelor of Medical Science (B.Med.Sci) dari Melbourne University/Monash University, atau Master of Research (M.Res) dari University of Newcastle Upon Tyne

 

Program yang dilaksanakan di universitas tersebut berupa coursework atau research project. Mahasiswa berkesempatan untuk mempelajari lebih mendalam tentang seluk beluk penelitian dan mengaplikasikannya dalam proyek riset.

Perlu diketahui bahwa kegiatan akademis dalam program KKI termasuk di Jurusan Kedokteran ini dilaksanakan dalam Bahasa Inggris.

Baik dalam perkuliahan, diskusi, praktikum, tugas, maupun ujian. Penggunaan Bahasa Inggris bertujuan agar lulusan KKI mampu melakukan pembelajaran kedokteran dalam Bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional.

Baca juga: UKSW Buka Prodi Kedokteran, Kuota 50 Mahasiswa Angkatan Pertama

Syarat dan biaya kuliah Kedokteran kelas internasional UI

Sarjana Kelas Khusus Internasional Kedokteran ditempuh melalui jalur Talent Scouting (undangan) dan SIMAK KKI UI (ujian tertulis).

Persyaratan untuk mendaftar Jurusan Kedokteran kelas internasional UI antara lain:

  • Lulus SMU/sederajat, dalam dan luar negeri (setara ‘A’ level atau IB)
  • Usia ijazah maksimal 5 tahun pada masa pendaftaran
  • Minimal TOEFL Institusional = 550; IELTS = 6

Terkait biaya kuliah, berdasarkan SK Biaya Pendidikan UI tahun 2022 berikut biaya kuliah yang dibutuhkan jika kamu ingin kuliah di Jurusan Kedokteran kelas Internasional UI:

  • Tuition Fee: Reguler Rp 51.700.000, WNA Rp 59.400.000
  • Admission Fee: Reguler Rp 111.100.000, WNA Rp 148.500.000
  • Monash University AU$ 65.000 atau sekitar Rp 642 juta (setahun)
  • Melbourne University AU$ 65.000 atau sekitar Rp 642 juta (setahun)
  • University of Newcastle Upon Tyne £ 19.000 atau sekitar Rp 362 juta (setahun)

Biaya kuliah di ketiga universitas mitra ditentukan oleh ketentuan masing-masing universitas. Biaya dapat berubah setiap tahunnya, biaya tertera tidak termasuk biaya hidup dan akomodasi.

Selama mahasiswa berada di universitas mitra, diwajibkan membayar administration fee sebesar Rp 2.000.000.

Lama studi dan lokasi kuliah

Jika kamu berhasil lolos di Jurusan Kedokteran kelas internasional UI, kamu bakal mengikuti perkuliahan di luar negeri juga. Berikut rincian lam studi dan lokasi kuliah yang akan dijalani mahasiswanya:

  • Semester 1-6 di Kampus RIK UI Depok
  • Semester 7-8 di Monash University/University of Melbourne (Australia) atau University of Newcastle Upon Tyne (Inggris)
  • Semester 9-13 Kampus UI Salemba dan Rumah Sakit Pendidikan

Baca juga: Dosen FKH UGM: Waspadai Gejala Awal Rabies pada Manusia

Demikian informasi mengenai Jurusan Kedokteran di kelas internasional Universitas Indonesia. Jika kamu jago bahasa Inggris dan ingin kuliah di Jurusan Kedokteran, kelas internasional di UI ini bisa dijadikan pilihan untuk mendaftar perguruan tinggi tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com