Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UMM Sebut 2 Hal yang Harus Diperhatikan di Produk Kemasan

Kompas.com - 18/09/2023, 08:16 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat membeli produk kemasan, baik makanan maupun minuman, masyarakat wajib memperhatikan informasi yang akurat dan terperinci.

Menurut dosen Ilmu Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dahlia Elianarni, produsen memang memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya dan sesuai.

Salah satu manfaat adanya informasi di produk kemasan adalah untuk mewujudkan hak konsumen memperoleh keamanan saat menikmati produk tersebut.

Seperti informasi mengenai tanggal kedaluwarsa. Keduanya harus mendapatkan perhatian lebih karena berkaitan dengan kualitas produk.

"Tanggal kedaluwarsa pada produk makanan dapat diwakili dengan berbagai istilah dan format tergantung pada jenis produk dan wilayah," ujar Dahlia seperti dikutip dari laman UMM, Minggu (17/9/2023).

Baca juga: Dosen Unesa Bagikan Tips Bijak Bermedsos bagi Pelajar

Informasi format kedaluwarsa di produk kemasan

Dia menerangkan, terdapat beberapa macam format tanggal kedaluwarsa.

Pertama yakni tanggal kedaluwarsa atau expiration date. Ini adalah tanggal yang menandakan batas waktu terakhir produk bisa digunakan atau dikonsumsi.

Setelah tanggal ini, produk dianggap tidak lagi aman atau berkualitas.

Terdapat pula keterangan tanggal penggunaan terakhir (last use date) format ini biasanya digunakan untuk produk-produk yang mudah rusak.

Seperti produk susu segar, daging, dan produk segar lainnya. Ini mengindikasikan hari terakhir produk sebaiknya digunakan.

Adapun tanggal "best before" (terbaik sebelum tanggal) umumnya ditemukan pada produk makanan kering dan tahan lama.

Ini menunjukkan periode di mana produk diharapkan tetap dalam kondisi terbaik dalam hal rasa, aroma, dan tekstur. Namun, produk masih dapat aman dikonsumsi setelah tanggal ini.

"Yang kerap dijumpai pula adalah tanggal ‘use by’ (gunakan sebelum tanggal.red) yang mirip dengan ‘best before’. Tanggal in menunjukkan tanggal di mana produk dianggap paling baik dalam hal kualitas dan keamanan. Setelah tanggal ini, produk mungkin mulai kehilangan kualitasnya atau menjadi kurang aman untuk dikonsumsi," bebernya.

Baca juga: Kemendikbud Buka PKBI, Pelatihan Bahasa Inggris Gratis bagi Dosen

Informasi komposisi di produk kemasan

Dahlia menekankan, informasi komposisi pada kemasan suatu produk menjadi panduan berharga bagi konsumen.

Penting untuk masyarakat mengetahui jumlah kalori, lemak, karbohidrat, protein, dan vitamin dalam suatu produk. Sehingga konsumen dapat mengatur pola makan mereka sesuai dengan kebutuhan tubuh. Ini bisa mengurangi risiko obesitas dan masalah kesehatan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com