Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kampus Jurusan Ekonomi Terbaik Asia dan Kisaran Biaya Kuliahnya

Kompas.com - 11/09/2023, 14:11 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asia menjadi salah satu benua yang memiliki kampus-kampus ternama dunia. Letak negara-negara Asia yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, membuat kampus-kampus di Asia bisa dipertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Pada tahun 2023, lembaga pemeringkatan universitas dunia QS World University Ranking telah melakukan pemeringkatan kampus terbaik berdasarkan bidang ilmu. Bagi kamu yang berencana memilih bidang studi Ekonomi, berikut kampus di Asia dengan bidang studi Ekonomi terbaik dan kisaran biaya kuliahnya:

Baca juga: Cek Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Kuliah di MIT, Kampus Nomor 1 Dunia

1. National University of Singapore (NUS)

Kampus yang terletak di Kent Ridge, Singapura dan menduduki peringkat 1 kampus dengan jurusan ekonomi terbaik di Asia. Kampus ini menawarkan berbagai program studi seperti teknik, kedokteran, ilmu sosial, hukum, dan bisnis untuk jenjang S1 sampai S3.

Biaya pendidikan disini sekitar 17.650 SGD atau Rp 198 juta per tahun.

2. Peking University

Salah satu kampus tertua di Cina yang sudah berdiri sejak 1898. Peking University menduduki peringkat 2 kampus jurusan ekonomi terbaik di dunia. Selain itu, kampus ini juga menduduki peringkat 17 kampus terbaik di dunia. Menawarkan jenjang pendidikan S1 hingga S3.

Biaya kuliahnya sekitar 26.000 sampai 29.000 RMB per tahun atau Rp 54 - 60 juta.

3. Tsinghua University

Menduduki peringkat 3, kampus ini berlokasi di Beijing, Tiongkok. Menjadi salah satu kampus di Cina yang terkenal dengan kualitas jurusan ekonominya. Kampus ini menawarkan 87 program sarjana dan 83 program pascasarjana.

Untuk menempuh pendidikan disini, biayanya sekitar 26.000 RMB atau Rp 54 juta per tahun.

Baca juga: Anak Muda SMA hingga Mahasiswa Indonesia Suka Kebudayaan Jepang

4. The Hongkong University of Science and Technology

Kampus yang memiliki program studi organisasi ekonomi global ini menduduki peringkat 4 kampus dengan jurusan ekonomi terbaik di Asia dalam QS World University by subject 2023.

Kampus ini juga menawarkan jenjang pendidikan dari S1 sampai S3 dengan berbagai jurusan. Biaya pendidikan per tahunnya 18.000 USD atau sekitar Rp 276 juta.

5. Seoul National University

Kampus yang terletak di Korea ini menduduki peringkat 5 dan memiliki reputasi yang baik. Kampus ini menawarkan jenjang pendidikan sarjana dan pascasarjana.

Biaya kuliah di sini berkisar 2.460.000 sampai 6.005.000 KRW atau Rp 28 - 69 juta per tahun.

6. The University of Tokyo

Menduduki peringkat 6 jurusan ekonomi terbaik dan berada di Tokyo, Jepang. Menawarkan jenjang pendidikan sarjana hingga doktoral.

Biaya kuliahnya berkisar 282.000 JPY atau Rp 29 juta per tahun. 

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Punya Peluang Karier Tinggi di Korea Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com