Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal EWHA University, Kampus Top Khusus Perempuan di Korea Selatan

Kompas.com - 05/09/2023, 14:13 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Korea Selatan tidak hanya terkenal akan budaya K-pop, tetapi juga soal sistem pendidikannya yang maju dan berorientasi pada prestasi.

Dalam beberapa dekade terakhir, Korea Selatan telah menjadi pusat perhatian global karena mencetak siswa-siswa berprestasi dan universitas-universitas terkemuka dalam berbagai bidang.

Salah satu universitas yang juga mencetak tokoh-tokoh terkemuka di Korea Selatan adalah EWHA University. Universitas ini dikenal sebagai kampus perempuan pertama di Korea Selatan, yang didirikan pada tahun 1866.

Baca juga: Pembelajaran SD di Korea Selatan: Hanya Ada 4 Mapel, Tidak Ada PR

EWHA University selama beberapa tahun telah menjadi katalisator kesuksesan bagi perempuan-perempuan muda yang bersemangat untuk meraih impian mereka.

Namun, sekarang mereka juga memberi kesempatan bagi mahasiswa internasional laki-laki untuk pertukaran pelajar.

EWHA University telah mencetak banyak perempuan-perempuan hebat yang telah memimpin dalam berbagai aspek kehidupan di Korea Selatan.

Lulusan universitas ini terlibat dalam politik, bisnis, ilmu pengetahuan, seni, dan banyak bidang lainnya. Sebut saja seperti Kim Seo Yeon (Miss Korea 2014), Kim Eun Hye (politikus), dan Roh Yoon Seo (aktris).

Salah satu aspek yang juga memikat dari universitas ini yaitu arsitekturnya. Kampus yang terletak di Seodaemun-gu, Seoul ini terkenal dengan desain bangunannya yang menggabungkan keindahan arsitektur kontemporer dengan elemen-elemen klasik Korea yang khas.

Baca juga: 15 Universitas Terbaik di Korea Selatan Versi EduRank 2023

Bahkan karena keindahannya, universitas ini sering dipakai menjadi lokasi syuting berbagai drama Korea, seperti Love Alarm, Winter Sonata, dan Hospital Playlist.

Dilansir dari Instagram @schoters, EWHA University menawarkan beragam program studi yang sangat diminati oleh siswa-siswa lokal maupun internasional. Terdapat 15 fakultas dengan lebih dari 50 jurusan yang mencakup berbagai disiplin ilmu.

5 jurusan populer di EWHA University:

  • Kedokteran
  • Ekonomi
  • Ilmu Komputer
  • Ilmu Politik
  • Teknik Kimia

Baca juga: 8 Rekomendasi Buku Self Improvement Populer Asal Korea Selatan

Kisaran biaya yang dibutuhkan untuk berkuliah di EWHA University

  • Biaya kuliah per semester: 2.211.000-15.607.000 won atau setara dengan Rp 25.7 juta-Rp 181.5 juta (tergantung jurusan yang diambil).
  • Biaya tempat tinggal per bulan: 807.000-3.317.000 won atau setara dengan Rp 9.4 juta- Rp 38,6 juta (tempat tinggal dorm atau asrama dalam lingkungan kampus).
  • Biaya hidup per bulan: 420.000-1.550.000 won atau setara dengan Rp 4.9 juta-Rp 18,1 juta (tergantung pada gaya hidup yang dipilih).

Buat kamu, yang ingin berkuliah di EWHA University tapi memiliki keterbatasan biaya. Kamu bisa mencoba beberapa beasiswa ini!

Baca juga: 6 Tips Lulus Ujian TOPIK untuk Daftar Beasiswa Kuliah ke Korea Selatan

3 beasiswa untuk ke EWHA University

  • Global Korean Scholarship (GKS)
  • Global EWHA Scholarship
  • EWHA International Students Association Scholarship

Ya, itu dia beberapa informasi penting tentang EWHA University, kampus perempuan pertama yang ada di Korea Selatan. Dengan dukungan berbagai beasiswa yang tersedia, universitas ini membuka pintu untuk perempuan dan laki-laki yang berbakat untuk meraih pendidikan tinggi berkualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com