Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.200 Ijazah Alumni UTM Tak Terdaftar di Kemendikbud, Kampus Lakukan Ini

Kompas.com - 22/08/2023, 11:45 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengaku ada 1.200 ijazah alumni UTM angkatan 2022 dan 2023 yang tidak terdaftar di laman resmi Kemendikbud Ristek, dalam hal ini di Direktorat Jenderal (Ditjen) Diktiristek.

Hal itu membuat pihak kampus mengurus kembali ijazah alumni tersebut yang tidak terdaftar di Kemendikbud.

Baca juga: Binus Dirikan Satu University, Biaya Kuliah Rp 6 Juta Per Semester

"Ada sebanyak 1.200 ijazah alumni UTM angkatan 2022 dan 2023 yang hingga kini tidak terdaftar di laman resmi Kemenristekdikti dan saat ini sedang kami urus," ucap Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) UT, Taufiqurrahman Hasbullah seperti dikutip dari laman Antara, Selasa (22/8/2023).

Asal tahu saja, sekelompok mahasiswa berunjuk rasa memprotes ijazah ribuan alumni di kampus itu yang tidak terdaftar di website Kemenristekdikti pada Senin (21/8/2023) pagi.

Juru Bicara dari mahasiswa UTM, Robi Gunawan menyatakan, kasus itu terjadi karena pihak kampus abai terhadap ketentuan Ditjen Dikti sebagaimana tertuang pada Peraturan Nomor 59 Tahun 2018 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar dan Tata cara Penulisan gelar di Perguruan Tinggi.

"Ada kemungkinan pihak rektorat tidak memperhatikan ketentuan tentang penulisan nama sebagaimana pada Pasal 3 Permenristekdikti Nomor 59 Tahun 2018, sehingga ijazah alumni tidak tercantum di laman Kemendikbud Ristek (Dikti Ristek)," kata dia.

Baca juga: Cerita Paskibraka Lilly Wenda, Awalnya Bukan Pembawa Baki Bendera

Karena itu, dia dan mahasiswa lainnya meminta agar kasus tersebut segara diatasi.

Dengan begitu, tidak meresahkan mahasiswa lain yang masih aktif kuliah di kampus itu.

Taufiqurrahman mengaku, pihak kampus menjamin semua persoalan terkait ijazah alumni UTM bisa segera diatasi dengan baik.

"Itu karena, kami telah melakukan perbaikan," jelas dia.

Dia menilai wajar unjuk rasa yang digelar mahasiswa UTM itu sebagai respons atas persoalan yang dihadapi para senior mereka.

Baca juga: Maudy Ayunda Buka Program Beasiswa bagi Mahasiswa S1, Ayo Daftar

"Yang perlu dipahami dan hal ini juga telah kami sampaikan saat kepada perwakilan pengunjuk rasa tadi, bahwa yang menjadi kendala, karena ada peraturan baru, sehingga mahasiswa yang diwisuda belum diunggah ke laman," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com