Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UT Wisuda 1.716 Lulusan, Sematkan Wisudawan Kehormatan bagi Bamsoet dan Prof. Cecep Darmawan

Kompas.com - 11/07/2023, 14:32 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) menggelar wisuda bagi 1.716 lulusan dari mulai jenjang diploma, sarjana S1, dan pascasarjana dari berbagai daerah pada Selasa, 11 Juli 2023 di UT Convention Center, Tangerang Selatan.

Wisuda UT periode II Wilayah I Tahun Akademik 2023 ini mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama UT PTN BH” turut dihadiri oleh Ketua Umum IKA UT, Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan RI.

Dalam kesempatan tersebut, UT juga menganugerahkan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo yang lulus S1 dari Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) UT sebagai wisudawan kehormatan.

Selain itu ada Prof. Cecep Darmawan yang telah meraih gelar Professor dan telah menuntut ilmu, meraih gelar sarjana dari universitas lain, juga meraih gelar lagi dari UT.

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat dalam sambutan pembukaan berharap, penyematan wisudawan kehormatan ini dapat memberi inspirasi dan dampak positif kepada masyarakat.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan wisuda UT, lulusan UT dinobatkan sebagai wisudawan kehormatan," ungkap Prof. Ojat.

"Penganugerahan wisudawan kehormatan ini diberikan sebagai bukti bahwa UT telah berhasil mengemban mandat dalam menyediakan akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat Indonesia, tanpa memandang usia, jenis kelamin, pendidikan, profesi dan jabatan," tegasnya.

Lebih jauh Prof. Ojat Darojat menyampaikan, UT yang mengadopsi sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh, terbukti sesuai bagi para profesional yang harus membagi waktu untuk bekerja, tetapi tidak terganggu dengan aktivitas belajar untuk studi yang diikutinya.

"Diharapkan, pemberian wisudawan kehormatan seperti ini dapat memacu semangat para birokrat, politikus, dan para profesiobal lainnya untuk mengikuti jejak Bapak Bambang Soesatyo dan Bapak Cecep Darmawan yang telah berhasil menyelesaikan studi S1 di UT," lanjutnya.

Baca juga: Wisuda UMN: Melihat AI Sebagai Tantangan dan Peluang bagi Fresh Graduate

Menjadi pembelajar sepanjang hayat

Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) UT, Moeldoko mengingatkan saat ini wisudawan hidup dalam era global yang sangat kompleks dan cepat berubah.

"Dunia selalu dihadapkan pada game changer baru, dihadapkan pada krisis pandemi, krisis ekonomi, krisis energi, hingga krisis pangan. Kita beruntung di tengah krisis Indonesia justru mampu bertahan dan masuk dalam negara middle income (pendapatan menengah)," ungkap Moeldoko.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com