Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Mahasiswa PNM Bakal Magang di Industri Transportasi Ternama Eropa

Kompas.com - 04/06/2023, 11:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa vokasi biasanya akan ikut program magang di dunia industri. Tapi, bagaimana jika magangnya di luar negeri?

Tentu hal itu akan menjadi pengalaman luar biasa bagi mahasiswa tersebut. Apalagi jika magang di industri ternama di negara eropa.

Hal inilah yang dialami oleh sebanyak 11 mahasiswa Politeknik Negeri Madiun (PNM) yang berhasil lolos seleksi Europe Industrial Internship di Škoda Transportation 2023.

Nantinya, para mahasiswa ini bakal melakukan kegiatan magang di salah satu industri transportasi terkemuka di Eropa, tepatnya di Republik Ceko.

Baca juga: Sudah IPK 4, Maria Juga Lulus S3 Unair di Usia 24 Tahun

Adapun kegiatan magang industri tersebut merupakan bagian dari kerja sama antara PNM dengan Markija Berdaya lewat program bertajuk “Markija Internship Program to Europe for Indonesian Vocational Students”.

Kesebelas mahasiswa PNM tersebut berasal dari Program Studi (Prodi) Teknik Perkeretaapian yang tengah menempuh semester delapan.

Direktur PNM, Muhamad Fajar Subkhan menyambut baik keberhasilan para mahasiswanya tersebut. Ia mengatakan bahwa program magang industri yang diselenggarakan bersama Markija ini telah selaras dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Sebenarnya program ini kan linier atau selaras dengan program MBKM, yaitu memberi pengalaman industri kepada mahasiswa," ujar Fajar dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Sabtu (3/6/2023).

Menurut Key Account Manager Markija, Rafi Piliang, Škoda Transportation merupakan perusahaan transportasi asal Ceko yang memiliki beberapa perusahaan, di antaranya adalah perusahaan mobil.

Di Ceko, Škoda Transportation merupakan perusahaan transportasi umum, seperti trem, kereta, bus listrik, kereta listrik, dan lainnya yang menjadi primadona di Eropa.

"Kalau di Eropa, Ceko sudah jadi primadonanya Eropa-lah, kebanggaan Ceko untuk Škoda ini," kata Rafi.

Ia menjelaskan, kini Škoda Transportation sedang mencari 300 kandidat terpilih untuk mengisi beberapa posisi, yakni mechanic, electromechanical, dan welder.

Menurutnya, saat ini welder menjadi posisi yang paling sedikit terisi dibandingkan dengan mechanical and electromechanical.

Rafi mengatakan bahwa salah satu mahasiswa PNM, Radiffa Aditama, berhasil lolos untuk posisi welder di Škoda Transportation.

Baca juga: Tertarik Vokasi? Politeknik ATMI Surakarta Masih Buka PMB Gelombang 3

Radiffa sendiri merupakan Juara Harapan 3 dalam National Welding Competition 2022 yang digelar pada September lalu di Politeknik Negeri Medan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com