Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2023, 06:32 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mengukuhkan enam guru besar atau profesort baru dari berbagai bidang ilmu.

Resmi bergabung dengan Dewan Profesor ITS, keenam profesor tersebut dikukuhkan secara langsung di Auditorium Gedung Pusat Riset ITS, pada Rabu (10/5/2023).

Baca juga: Unair Kukuhkan 6 Guru Besar Baru

Dengan bertambah 6, maka ITS telah memiliki 157 guru besar.

Ketua Dewan Profesor ITS Prof. Imam Robandi menyampaikan ucapan selamat kepada keenam profesor yang telah dikukuhkan tersebut.

"Bergabungnya keenam profesor baru ini ke dalam Dewan Profesor ITS diharapkan bisa semakin membawa berkah dan kemajuan bagi ITS ke depannya," kata dia mengutip laman ITS, Kamis (11/5/2023).

Hal yang sama juga disampaikan Rektor ITS, Prof. Mochamad Ashari.

Dia berharap jumlah profesor di ITS akan terus bertambah dan semakin produktif dalam menghasilkan publikasi ilmiah.

"Pada awal 2022, meskipun jumlah profesor di ITS terbilang sedikit dibanding kampus lain, tapi produktivitas yang dihasilkan oleh para profesor ITS ini cukup tinggi dan membanggakan," jelas dia.

Enam guru besar yang dikukuhkan adalah:

1. Prof. Ali Masduqi dikukuhkan sebagai guru besar ke-152 ITS membacakan orasi ilmiahnya yang bertajuk "Implementasi Smart Water Supply Systems untuk Meningkatkan Pelayanan Air Minum yang Prima".

Baca juga: USU Pastikan Peserta UTBK yang Curang Tidak Bisa Daftar Jalur Mandiri

2. Prof. Bambang Widjanarko Otok dikukuhkan sebagai gudu besar ke-153 ITS. Dia memaparkan orasi ilmiahnya berjudul "Analisis Multivariat untuk Mengatasi Heterogenitas yang Tidak Teramati".

3. Prof. Eddy Setiadi Soedjono dikukuhkan sebagai guru besar ke-154 ITS. Dia memaparkan orasi ilmiahnya dengan judul "Percepatan Pemenuhan Pengelolaan Air Limbah Permukiman di Indonesia".

4. Prof. Eng Chastine Fatichah dikukuhkan sebagai guru besar ke-155 ITS. Dia memaparkan orasi ilmiahnya dengan tajuk "Generative AI: Teknik, Peran, dan Tantangan".

Baca juga: Jadwal dan Biaya Kuliah UI Jalur Mandiri 2023

5. Prof. Ratna Ediati dikukuhkan sebagai guru besar ke-156 ITS. Dia menjelaskan orasi ilmiahnya dengan topik "Peran Material Berpori Metal-Organic Frameworks (MOF) dalam Mendukung Pelestarian Lingkungan".

6. Prof. Sumarno Mengyang dikukuhkan menjadi guru besar ke-157 ITS. Dia memaparkan orasi ilmiahnya dengan topik "Pemrosesan Polimer Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com