Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Jadi Salah Satu Lokasi Pusat UTBK Favorit Peserta

Kompas.com - 11/05/2023, 12:09 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) kembali menjadi tempat lokasi pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berbasis Tulis (UTBK SNBT) di tahun ini, abik di kampus Depok maupun Salemba.

"Khusus di Salemba, ada sembilan ruangan di Gedung IASTH Sekolah Ilmu Lingkungan-Sekolah Kajian Stratejik dan Global, serta Gedung IMERI Fakultas Kedokteran yang menjadi tempat ujian," ujar Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia dalam keterangannya, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: Jadwal dan Biaya Kuliah UI Jalur Mandiri 2023

Meskipun sebagian ruang kelas dipakai untuk lokasi ujian seleksi masuk melalui UTBK-SNBT, tapi tidak mengganggu pelaksanaan perkuliahan yang berlangsung di sana.

"Proses perkuliahan tetap berjalan seperti biasa, tanpa gangguan yang berarti," ucap Nopa Krismanto selaku Tim IT UTBK UI sekaligus Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Koordinator Pengelolaan dan Pemeliharaan Fasilitas SIL dan SKSG UI, Afiq Pramono menjelaskan, UI memang menjadi salah satu lokasi pusat UTBK favorit bagi peserta dari area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Setiap tahun, selalu ada peserta UTBK dari luar Jabodetabek yang rela menginap di hotel terdekat agar bisa mengikuti UTBK di Kampus Salemba UI.

"Biasanya peserta dari luar Jabodetabek yang memilih lokasi ujian di UI adalah siswa atau siswi yang punya keinginan kuat untuk berkuliah di UI. Selain itu, fasilitas lengkap yang disediakan UI juga menjadi pertimbangan para peserta UTBK memilih lokasi ini," ucap Afiq.

Untuk teknis pelaksanaan UTBK di Kampus Salemba, koordinasi dilakukan oleh Panitia UI Pusat, Panitia Kampus Salemba, dan Panitia Gedung SIL-SKSG UI.

Baca juga: USU Pastikan Tak Terima Peserta UTBK yang Curang Pada Jalur Mandiri

Pembentukan panitia yang berjenjang ini didasarkan pada pertimbangan efektivitas koordinasi antarkampus (Depok–Salemba) dan antargedung (IASTH-IMERI).

Briefing dan evaluasi harian pun dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat, seperti satpam, pengawas ruang, cleaning service, dan operator, sehingga semua dapat membantu kelancaran pelaksanaan UTBK.

Selama UTBK berlangsung, panita berkewajiban menjaga situasi tetap kondusif.

"Kami selalu menyampaikan kepada teman-teman panitia untuk bisa memberikan rasa nyaman kepada peserta, sehingga peserta tidak merasa diintimidasi. Peserta yang datang sudah tertekan karena akan menghadapi ujian. Oleh karena itu, kita di sini harus membantu dengan memberikan fasilitas terbaik," jelas Afiq.

Dua peserta UTBK, yaitu Mirza (SMAN 4 Depok) dan Dhiaz (SMA Kolese Gonzaga) yang menyelesaikan ujian pada hari pertama memberikan tanggapan atas pelaksanaan UTBK di Kampus Salemba.

Keduanya mengapresiasi pelaksanaan UTBK di lokasi ini, karena menerapkan simple guidance yang mempermudah para peserta.

Selain itu, Kampus Salemba juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti alat tulis, PC yang memadai, perangkat cadangan, sekat antar peserta, serta ruang tunggu yang dilengkapi dengan dispenser air minum.

Dhiaz berpendapat, pengawas ujian sudah baik, sehingga peserta tidak merasa terintimidasi.

Baca juga: Peserta UTBK SNBT 2023 di UI: Belajar 3 Jam Sehari untuk Ujian

"Bagaimanapun mereka sudah melalui persiapan ujian cukup lama, sehingga lingkungan dan situasi yang kondusif sangat membantu pada waktu ujian," tegas Dhiaz.

Dhiaz berharap agar bisa lolos ujian (UTBK SNBT 2023), agar bisa menjadi mahasiswa baru di program studi (Prodi) S1 Manajemen UI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com