Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Mahasiswa Jakarta Berprestasi Terbaik untuk Pilmapres 2023, Siapa Saja Mereka?

Kompas.com - 11/05/2023, 10:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pemilihan Mahasiswa Berprestasi atau Pilmapres merupakan ajang talenta dan kompetisi mahasiswa berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.

Kegiatan ini bertujuan mengapresiasi insan pendidikan tinggi terbaik untuk menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik. Pesertanya terdiri dari mahasiswa Perguruan Tinggi Akademik dan Perguruan Tinggi Vokasi.

Pilmapres juga menjadi salah satu Indikator Kinerja Utama LLDikti nomor tiga yaitu mahasiswa yang berkegiatan di luar kampus atau berprestasi tingkat nasional.

Penyelenggaraan pemilihan mahasiswa berprestasi dimulai dengan seleksi tingkat perguruan tinggi.

Selanjutnya adalah seleksi tingkat wilayah, Sebanyak 20 finalis berhasil lolos desk evaluation yang terdiri dari 12 orang dari Perguruan Tinggi Akademik dan 8 orang dari Perguruan Tinggi Vokasi.

Seluruh finalis selanjutnya mengikuti tahap seleksi akhir wilayah meliputi penilaian capaian unggulan, gagasan kreatif, dan kemampuan bahasa inggris.

Universitas Prasetiya Mulya Kampus Cilandak menjadi tuan rumah bagi pembukaan seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat wilayah III tahun 2023 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Mei 2023.

10 Mahasiswa Berprestasi LLDikti Wilayah III

 

“Mahasiswa sebagai calon pemimpin Indonesia tidak hanya memiliki keterampilan dan pengetahuan, melainkan hard skills dan soft skills," tegas Kepala LLDikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani.

"Hal ini sejalan dengan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim, jadi mahasiswa tidak hanya unggul dalam akademik saja, tapi menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing, dan berkarakter,” jelasnya.

Sebanyak 10 orang mahasiswa berprestasi dari lingkungan LLDikti Wilayah III telah terpilih dan akan berlaga di tingkat nasional.

Baca juga: Kisah Bilal, Lulus ITB Usia 20 dan Punya Banyak Prestasi

 

Dalam malam penganugerahan Pilmapres yang dilaksanakan di hari yang sama, yaitu 9 Mei 2023, 5 orang dari Perguruan Tinggi Akademik dan 5 orang dari Perguruan Tinggi Vokasi telah terpilih setelah dilakukan penilaian dan penjurian.

Mereka adalah:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com