Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2023, 11:26 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat (SMMPTN Barat) 2023 sudah dimulai Senin (8/5/2023) kemarin.

Siswa yang memilih SMMPTN Barat 2023 sebagai jalur untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN), perlu tahu aturan pemilihan prodi, biaya daftarnya, materi ujian hingga jadwal ujian.

Sebagai informasi, tidak semua perguruan tinggi negeri bisa dipilih dalam SMMPTN Barat 2023 ini. Hanya da 25 PTN di wilayah Barat yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Melansir laman resmi SMMPTN Barat, Selasa (9/5/2023) berikut informasi mengenai aturan pemilihan prodi, biaya daftar hingga materi dan jadwal ujiannya.

Baca juga: 6 Negara dengan Literasi Terbaik dan Beasiswa yang Bisa Dicoba

Aturan pilih prodi SMMPTN Barat 2023

Melalui SMMPTN Barat 2023, peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 pilihan program studi pada satu PTN atau 2 PTN yang berbeda.

Biaya registrasi yang dikenakan pada masing-masing peserta adalah sebesar Rp 350.000. Biaya registrasi tersebut dibayarkan pada saat pendaftaran online melalui bank mitra yang telah ditunjuk yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BSI.

Sama seperti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023, SMMPTN Barat 2023 juga ada ujian yang harus diikuti peserta. Materi/soal ujian SMMPTN Barat 2023 terdiri dari atas dua jenis yaitu :

1. Tes Potensial Skolastik

Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah Tes mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam soal TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Bacaan dan Menulis.

Baca juga: Catat Jadwal dan Syarat 3 Jalur Mandiri Unair 2023

2. Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com